Situs Terowongan Ijo Kebumen

0 693

Situs Terowongan Ijo

Terowongan Ijo merupakan terowongan kereta api terpanjang ke-8 di Indonesia, dengan panjang 580 m, menerobos bukit kapur Gunung Malang. Lokasi Terowongan Ijo berada di wilayah Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Terowongan dengan rel tunggal ini dibangun antara 1885-1886 oleh Staatsspoorwegen (SS), perusahaan kereta api Hindia Belanda ketika itu.

Stasiun Ijo yang berada di dekat terowongan memiliki 3 jalur kereta api. Jalur 1 merupakan jalur utama yang lurus mengarah ke terowongan. Jalur 2 dan jalur 3 digunakan sebagai jalur untuk persilangan kereta api. Lokasi Terowongan Ijo ini cukup strategis, karena berada diantara obyek wisata Gua Jatijajar dan sekitar 9,9 km dari Benteng Van der Wijck Gombong. Terowongan Ijo pernah menjadi lokasi syuting film Kereta Api Terakhir dan Daun di Atas Bantal.

Karakteristik Terowongan Ijo

Bentuk muka terowongan ini memiliki keunikan yaitu dinding luar yang tidak rata karena dinding luarnya tersusun dari batu kali yang tertata rapi dan kokoh. Ornamen mendatar di atas muka terowongan dibuat khas yaitu bergerigi dengan lekukan setengah lingkaran. Walaupun usia terowongan sudah tua namun konstruksinya masih kokoh. Kondisi alam di sekitar terowongan bernuansa pedesaan. Tidak jauh di sebelah barat dari terowongan Ijo, terdapat stasiun Ijo. Selain berfungsi sebagai stasiun, stasiun Ijo juga berfungsi sebagai pengawas terowongan Ijo.
Terowongan ini dikelola oleh Daerah Operasi V Purwokerto dan dijaga oleh petugas jaga terowongan (PJTW) di samping mulut terowongan. Terowongan ini menjadi pilihan bagi railfans yang berburu kereta api masuk dan keluar terowongan. Namun dengan adanya rencana pembangunan jalur ganda rute Kroya – Kutoarjo, terowongan Ijo kemungkinan akan dinonaktifkan karena rute baru untuk jalur ganda Kroya – Kutoarjo akan dibangun di samping terowongan Ijo dengan membelah bukit. Kendti demikian, Terowongan Ijo akan tetap dikenang dan dipertahankan walaupun nanti sudah tidak dilalui kereta api lagi dan dijadikan cagar budaya, untuk mengenang perjuangan rakyat pribumi yang menjadi korban kerja paksa.
Source Terowongan ijo Kebumen
Comments
Loading...