Temuan Kulisusu Sulawesi Tenggara

0 78

Temuan Kulisusu

Dalam bahasa lokal Kulisusu diartikan sebagai kulit kerang.Kulit kerang ini dapat ditemukan pada benteng-benteng yang telah dieksplorasi di wilayah Kabupaten Buton Utara. Kulit kerang atau kulisusu dalam tradisi dan kepercayaan masyarakat diyakini

sebagai asal muasal penamaan Tanah atau Kerajaan Kulisusu, sedangkan dalam konteks kearkeologian jenis cangkang ini masuk dalam kategori ekofak yang dapat diasumsikan dalam konteks aktifitas kebudayaan.Kulisusu berada pada titik 040 47’ 02,5” LS dan 123010’ 49,6” BT pada 46 m diatas permukaan laut, tepatnya di depan sisi sebelah kiri Masjidyang ditempatkan dalam sebuah lingkaran berbentuk sumur dan sisi luarnya terpasang pagar pelindung dengan satu pintu masuk berukuran 0,65 cm, keliling pagar berukuran 7.05 x 8.06 yang berbentuk persegi empat dengan diameter dinding lingkaran berukuran 3,00 m, tebal = 0,30 cm dan tinggi = 1.1 m.Adapun dinding ini terbuat dari bahan semen dan batu karang. Sedangkan cangkang berukuran panjang = 0,65 cm, lebar = 0,31 cm, dan tinggi =0,23 cm.

Kulisusu adalah nama kerang laut raksasa yang sudah membatu (fosil) tempat ini sangat disakralkan oleh masyarakat sebagai tempat yang memiliki keberkahan bagi penduduk yang akan bepergian jauh. Sebelum bepergian biasanya terlebih dahulu ziarah ketempat ini karena dipercaya akan selamat kembali. Saat ini Kulisusu menjadi dasar penamaan keraton Kulisusu yang sekarang sudah menjadi salah satu nama kecamatan di wilayah Kabupaten Buton Utara.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...