situsbudaya.id

Tempayan Tua Maluku

0 14

Lokasi Tempayan Tua

Tempayan Tua terletak di daerah puncak Gunung Sirimau, Maluku.

Tempayan Tua

Berdasarkan cerita warga setempat, air yang terdapat dalam Tempayan Tua tak pernah kering. Bahkan air dalam Tempayan Soya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Air yang terdapat dalam Tempayan Tua berdiameter sekira 50-60 cm. Konon air dalam tempayan itu selalu terisi secara gaib. Kendati musim kemarau sekalipun. Tak ayal, jika masyarakat meyakini jika tempat tersebut “berpenghuni” atau memiliki penjaga yang masyarakat biasa disebut masyarakat seagai penggawa atau orang yang tak tampak dalam pandangan mata manusia. Malah penggawa itu dipercayai sebagai leluhur negeri Soya.

Hanya saja, cerita keberadaan Tempayan Soya masih terdapat beberapa versi yang memunculkan polemik di lingkungan masyarakat Soya.

Salah satu versi menceritakan, Tempayan Tua tersebut merupakan hibah atau pemberian kepada raja dari Ruma Tau Hitijahubessy karena diterima untuk menjadi penduduk Soya. Sejak saat itu Ruma Tau Hitijahubessy menjadi salah satu keluarga atau kelompok masyarakat Soya yang tergabung dalam soa pendatang yang lebih dikenal dengan Soa Erang.

Dalam versi lain menyebutkan, Tempayan Tua merupakan kenang-kenangan untuk raja Soya yang diberikan kerajaan Majapahit, atas pengakuannya terhadap kerajaan terbesar di nusantara itu. Bahkan oleh Raja Soya saat itu memberikan gelar kepada raja Majapahit dengan sebutan “Upulatu Sirimau Mas Raden Labu Inang Mojopahit”.

Source http://indo-venture.blogspot.co.id/ http://indo-venture.blogspot.co.id/2013/12/puncak-gunung-sirimau.html
Comments
Loading...