Tapak Halte dan Terminal Lama Boom Baru Pekanbaru

0 25

Tapak Halte dan Terminal Lama Boom Baru Pekanbaru

Sekitar tahun 1955, kawasan BOOM BARU yag terletak di tepian Sungai Siak menjadi pusat keramaian yang luar biasa, apalagi setelah PT. Caltex Pacific Indonesia (CPI), sekarang bernama PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI), membuka kantornya di daerah Rumbai. Caltex kemudian menyediakan jembatan Phontoon yaitu sejenis jembatan mengambang yang disandarkan ke ponton atau sejenis kapal berlambung datar ataupun sejenis kotak besar yang mengapung untuk menyangga landasan jembatan dan beban dinamis di atasnya.

Jembatan ini merupakan satu-satunya (dan mungkin sebagai jembatan yang pertama melintasi Sungai Siak) sarana penyeberangan di era 1950 hingga 1970-an yang meghubungkan wilayah Senapelan dan Rumbai melalui Sungai Siak. Jembatan ini dilengkapi dengan fasilitas sebuah terminal oplet (mobil angkutan darat) dan halte terminal dimana halte ini digunakan sebagai tempat persinggahan bagi para penyeberang yang kebanyakan adalah pegawai Caltex. Di kawasan terminal ini juga dipasang plang nama bertuliskan

Keberadaan Jembatan Phontoon untuk menggantikan feri sebagai alat penyeberangan sangatlah bermanfaat, tetapi setelah tahun 1970 mulai mengalami kemacetan karena padatnya arus lalu lintas dan menumpuknya arus kendaraan karena jembatan Phontoon tersebut harus diputus untuk melewatkan transportasi air lainnya yang melewati Sungai Siak pada waktu-waktu tertentu. Hal ini menyebabkan Caltex mencari solusi mulai tahun 1973 untuk mengatasi masalah penyeberangan di Sungai Siak tersebut dengan membangun jembatan baru yang terletak di sisi Barat tak jauh dari Terminal Boom Baru.

Sejak peresmian pemakaian Jembatan Leighton yang kemudian disebut Jembatan Siak l Pekanbaru diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 19 April 1977, maka terminal transit bagi para pengguna angkutan kota Pekanbaru tempo doeloe ini sudah tidak berfungsi lagi. Akhir tahun 2013, Pemprov Riau membina bekas terminal lama itu menjadi sebuah taman di tepian Sungai Siak tanpa mengusik keberadaan bekas tempat duduk penumpang Terminal Boom Baru tersebut. Kawasan Tapak Terminal Lama Boom Baru tersebut saat ini menjadi area taman di bawah Jembatan Siak 3 Pekanbaru. Sedangkan halte terminal masih ada dan terus dirawat.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...