Tank Baja Kuantan Singingi Riau

0 134

Lokasi Tank Baja Kuantan Singingi

Tank Baja Kuantan Singingi terletak di pinggir Jalan Raya Lintas Pekanbaru, Taluk Kuantan Singingi, Riau.

Tank Baja Kuantan Singingi

Tank Ini adalah peninggalan masa Perang Dunia Ke II. Berdasarkan bentuk dan jenisnya diperkirakan tank merupakan varian ringan yang didatangkan pada masa Agresi Militer Belanda I dan II pada periode tahun 1947-1949. Pada bagian dinding dalam tank (sisi depan) terdapat tuliskan/cetakan yang tergores pada dinding “1938” yang diperkirakan pertanggalan dari pembuatan tank.

Tank ini berada di Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Keberadaan tank ini mengindikasikan bahwa Agresi Belanda sampai ke daerah Kuantan Singingi. Sebagai bentuk perlawanan terhadap agresi ini, masyarakat membakar tank tersebut. Kondisi tank pada saat ini sangat memprihatikan, beberapa bagian tank sudah tidak lengkap/utuh akibat vandalism dan berkarat.

Tank Baja ini sekelilingnya dilindungi dengan pagar bambu. Tank ini terbuat dari logam baja. Kondisi tank saat ini sudah tidak utuh lagi akibat pembakaran, yang tersisa hanya bagian badan. Ukuran tank ini tidak terlalu besar, kemungkinan tank ini hanya memuat 3 orang saja (komandan tank, driver dan gunner). Bagian penutup tank sudah tidak ada lagi. Ukuran Tank Baja P 3,65 m L 1,5 m T 1,75 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/09/19/tank-baja-kuantan-singingi/
Comments
Loading...