Tanjung Pura, Sejarah Kota Tua yang Terlupakan

0 135

Tanjung Pura, Sejarah Kota Tua yang Terlupakan

Tanjung Pura, sebuah kota yang berada di kabupaten Langkat, merupakan salah satu kota tua yang memiliki banyak sejarah, khususnya kesultanan Langkat. Sayangnya, Kota Tanjung Pura kini seperti terlupakan, meski bekas kejayaan kesultanan Langkat masih bisa dilihat hingga saat ini.

Kini cerita itu seperti hanya tinggal kenangan, apalagi aset peninggalan kejayaan kerajaan yang pernah dibangun sultan Langkat berangsur punah keberadaannya. Jikalaupun masih ada, hanya beberapa saja yang masih baik kondisinya, karena sebagian besar sudah sangat memprihatinkan bahkan terlantarkan.

Beberapa aset peninggalan kesultanan yang masih dapat dijumpai diantaranya berada di Kelurahan Pekan Tanjung Pura, yakni kolam pemandian keluarga dan putri sultan yang panjangnya sekitar 50 meter dengan lebar 50 meter. Namun sayangnya, kondisi kolam ini dipenuhi rumput dan pepohonan pisang, batu pagar kolam juga sudah mulai runtuh.

Begitu juga dengan sekolah Jamaiyah, salah satu sekolah peninggalan kesultanan yang masih kokoh. Konon, Wakil Presiden ketiga Adam Malik sempat menimba ilmu di sekolah tersebut. Kondisi sekolah ini pun cukup memprihatinkan, meski aktifitas belajar mengajar masih berlangsung hingga saat ini.

Tak jauh beda, Pesanggrahan Rumah Sultan kondisinya juga cukup memprihatinkan. Padahal secara arsitektur, bangunan ini cukup unik dengan menonjolkan arsitektur bangunan tempo dulu.Sama halnya dengan tempat tinggal pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah, bahkan sampai saat ini kita tidak dapat melihat tempat tinggalnya semasa kecil, yang ada hanyalah cerita sejarah masa lalu.

Satu-satunya bangunan peninggalan Sultan Langkat yang masih tersisa dan masih berdiri kokoh adalah sebuah masjid yang berada di Jalan Lintas Sumatera, yakni Masjid Azizi.Bangunan arsitekturnya masih terlihat luar biasa hingga saat ini, meskipun catnya terlihat kusam, namun masjid ini menandakan bahwa kesultanan yang besar pernah berdiri di Kota Tanjung Pura. Di sinilah asal mulanya kota dan nama Langkat lahir.

Menurut Rina, salah satu mahasiswa yang menimba ilmu di Perguruan Tinggi Jamaiyah, dirinya pernah mendengar wakil Presiden ketiga sekolah di tempat tersebut.”Kami pernah mendengar kalau bapak Adam Malik (wakil Presiden ketiga) pernah sekolah di sini, tapi kenapa sekolah ini dari dulu terkesan jalan di tempat,” bebernya menanggapi kondisi memprihatinkan Sekolah Jamaiyah.

Sementara itu, salah seorang keturunan Sultan Langkat yang bernama Tengku Yan Nuzar Yahya Mahmud mengatakan bahwa seolah-olah sejarah Langkat dikaburkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.”Perihal sejarah yang ada di Langkat, khususnya yang ada di Tanjung Pura, cerita sejarahnya terkesan seperti mau di kaburkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab,” ungkapnya yang tak mau menyebutk siapa oknum tersebu.

Source beritasumut.co http://beritasumut.com/Cerita-Sumut/Tanjung-Pura--Sejarah-Kota-Tua-yang-Terlupakan-
Comments
Loading...