Tangsi Militer Belanda

0 74

Tangsi Militer Belanda

Onggokan bangunan tua di kampung Benteng Hulu, tepian sungai Siak, Kecamatan Mempura sangat menarik perhatian. Bangunan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda itu khas, sebagaimana bangunan eropa pada zamannya.

“Bangunan tua itu adalah Tangsi Militer Belanda. Dibangun pada 1860, lebih tua dari bangunan Istana Siak. Kita tahu istana Siak dibangun pada 1889,” ujar ketua Siak Heritage Community (SHC), Joprizal.

Sedikitnya ada 6 gedung di sana. Sejak Belanda hengkang dari Tanah Air, hanya ada 2 pasukan yang sempat memanfaatkan bangunan itu. Pada 1942 Belanda diusir pasukan Jepang dari nusantara. Sejak itu pula pasukan Jepang memanfaatkan bangunan-bangunan itu. Semua kepentingan bisnis Belanda di Siak diambil alih oleh Jepang. Namun pasukan Dai Nippon itu hanya bertahan 3,5 tahun di sana.

Mereka kalah perang setelah sekutu membumihanguskan Hiroshima dan Nagasakti. Sejak itu, gedung itu tidak lagi dimanfaatkan. Pada 1958 silam, Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) pecah, berawal dari Padang. Gedung-gedung itu diambil alih tentara PRRI selama masa gejolak itu. Hingga akhirnya kalah perang melawan TNI. Sejak 1960 an hingga sekarang, bangunan-bangunan itu hanyalah onggokan sejarah masa lalu tanpa manfaat apa-apa.

“Kami melakukan kajian, dan mendorong pemerintah merestorasi bangunan itu untuk kepentingan pendidikan, sejarah dan kebudayaan,” ujar Joprizal.

Joprizal berkisah, tangsi militer Belanda itu dahulu digunakan untuk gedung residen, rumah tahanan, gudang peluru dan barak pasukan Belanda serta kantor contreuler. Kondisi bangunan sempat memprihatinkan, karena tidak ada yang mengurusnya.

“Tetapi dengan semangat kita, secara berangsur gedung -gedung mulai dibenahi,” kata dia.

Militer Belanda tidak secara kebetulan membangun kompleks perkantoranya di daerah Mempura. Maklum, Sungai Siak sudah menjadi jalur perlintasan untuk mengangkut komoditi sayur mayur dan pertambangan di Sumatra Tengah menunu pelabuhan Malaka.

Source http://pekanbaru.tribunnews.com http://pekanbaru.tribunnews.com/2019/01/04/sejarah-tangsi-belanda-yang-lebih-tua-dari-istana-siak-hanya-2-pasukan-yang-pernah-memanfaatkannya?page=all
Comments
Loading...