Tangsi Belanda Riau

0 184

Lokasi Tangsi Belanda

Tangsi Belanda terletak di Desa Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau.

Tangsi Belanda

Tangsi Belanda merupakan kompleks bangunan yang dahulunya berfungsi sebagai tempat perlindungan dan pertahanan bagi para tentara Belanda. Dalam tangsi ini terdapat berbagai macam bangunan yang antara lain berfungsi sebagai penjara, asrama, kantor, gudang senjata, dan logistik. Riwayat pembangunan tangsi ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi pembangunannnya jelas sezaman dengan masa masuknya pengaruh (hegmoni) Belanda di Kesultanan Siak, yaitu pada abad ke-19.

Tangsi Belanda sebelumnya pernah dipugar oleh pemerintah Provinsi Riau, namun hanya sebagian atau satu gedung dari Tangsi Belanda ini saja. Walau pernah dipugar, namun karena masih belum digunakan, kondisi bangunan sudah kembali mengalami kerusakan di beberapa bagian. Harapan untuk dapat dimanfaatkan kembali Tangsi Belanda ini terus bermunculan dari berbagai kalangan pemerintahan dan masyarakat Siak. Oleh sebab itu, untuk dapat dimanfaatkan dan menjadi bermanfaat dibutuhkan penanganan yang menyeluruh dan berjangka panjang.

Bangunan Tangsi Belanda harus secara menyeluruh dilakukan pemugaran dikarenakan sangat banyak kerusakan. Dengan pemugaran secara keseluruhan tentunya akan menimbulkan kenyamanan dalam menggunakan bangunan. Pengecekkan terhadap kekuatan bangunan harus dilakukan kembali, terkait musibah runtuhnya dinding bangunan yang pernah terjadi. Dengan kondisi bangunan yang baik akan memperlihatkan potensi pemanfaatan yang lebih terbuka untuk kemudian dilanjutkan dengan pemanfaatan bangunan seperti apa yang diharapkan.

Selain nilai sejarah dan arsitekturalnya Tangsi Belanda juga memiliki daya tarik dari segi arsitektural bangunan yang bergaya kolonial, selain itu terdapat keunikan bangunan yang memiliki lobang-lobang yang berfungsi sebagai sirkulasi udara agar pada saat di dalam bangunan tidak terasa panas. Selain itu adanya potensi yang terlihat dari keletakkan bangunan yang berada di dekat sungai sehingga kemungkinan untuk diarahkannya pada pemanfaatan dalam bidang pariwsata juga sangat besar.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2015/11/03/kondisi-dan-potensi-tangsi-belanda-siak/
Comments
Loading...