Taman Sari Gunongan Aceh

0 786

Lokasi Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan terletak di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Lokasi bangunan ini berada sekitar 100 meter bersebarangan dengan kompleks pemakaman prajurit Belanda, Kerkhof Peutjoet, dan Museum Tsunami Aceh.

Taman Sari Gunongan

Menurut catatan yang ada di Taman Sari Gunongan, Gunongan didirikan oleh Sultan Iskandar Muda untuk menyenangkan permaisuri yang sering merindukan kampung halaman. Sultan Iskandar Muda menikahi Putri Pahang (Putroe Phang) setelah Kesultanan Aceh Darussalam menaklukkan Kerajaan  Pahang di Malaysia pada tahun 1615. Sultan Iskandar Muda menjadikan Putri Pahang sebagai istri kedua setelah Putri Tsani asal Reubee, Pidie. Alkisah, permaisuri Sultan Iskandar Muda yang bernama Putroe Phang, sering merasa kesepian di tengah kesibukan sang suami sebagai kepala pemerintahan. Ia selalu teringat dengan kampung halamannya di Pahang, Malaysia. Sultan Iskandar Muda memahami kegundahan permaisurinya. Untuk membahagiakan sang permaisuri, sultan membangun sebuah gunung kecil (Gunongan) sebagai miniatur perbukitan yang mengelilingi Istana Putroe Phang di Pahang.

Bangunan Taman Sari Gunongan

Sultan Iskandar Muda memerintahkan sejumlah pekerja untuk membangun bangunan yang bisa mengobati perasaan gundah Putri Pahang ini. Bahkan, rakyat pun turut memberikan kontribusi lewat satu colek kapur per orang untuk mengecat putih bangunan yang tengah dibangun.

Lalu, jadilah Gunongan seperti yang ada sekarang. Bangunan itu dianggap sebagai gambaran kecil pemandangan alam dari daerah Pahang yang bergunung-gunung. Di sekitarnya pun dibangun taman yang ditanami sejumlah bunga dan pepohonan, yakni Taman Sari Gunongan atau Taman Ghairah.

Taman Ghairah cukup luas. Cakupannya termasuk kompleks pemandian Putroe Phang. Konon, setelah Gunongan dan Taman Ghairah selesai dibangun, betapa bahagianya sang permaisuri. Hari-harinya banyak dihabiskan dengan bermain bersama dayang-dayang di sekitar Gunongan, sambil memanjatinya sehingga Putri Pahang tersebut tak lagi sedih dan gundah merindukan kampung halamannya.

Menurut Kitab Bustanussalatin yang ditulis oleh Nuruddin Ar-Raniry, Gunongan dan kompleks Taman Ghairah dirancang oleh para ahli yang paham dengan seni bangunan. Ahli bangunan berasal dari dua negeri yang memiliki hubungan erat dengan Aceh kala itu, yakni Turki dan Tiongkok. Bahkan, ada kemungkinan pula Gunongan dan Taman Ghairah mendapatkan sentuhan ahli bangunan dari Indi

Source Taman Sari Gunongan Aceh Aceh
Comments
Loading...