Taman Sare, Pemandian Istri Raja Sumenep Diyakini Bikin Awet Muda

0 119

Taman Sare, Pemandian Istri Raja Sumenep Diyakini Bikin Awet Muda

Berbagai peninggalan sejarah yang ada di keraton Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, rupanya masih menyisakan mitos dikalangan masyarakat. Salah satunya tempat pemandian istri raja zaman terdahulu, yaitu Taman Sare yang sampai sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kabarnya, mencuci muka dengan air di taman akan lebih awet muda.

Beredarnya mitos bahwa ketika mencuci muka dari air di Taman Sare akan awet muda memang sejak dulu, namun hingga sekarang mitos tersebut masih beredar, sehingga setiap pengunjung yang datang dipastikan mencuci muka dengan air taman tempat pemandian puteri raja tersebut. Tempat Pemandian ini menurut mitos diyakani bikin awet muda, makanya ketika pengunjung datang ke keraton pasti mereka mencuci muka di tempat pemandian tersebut.

Disebutkan, bahwa tempat pemandian istri raja itu bukan hanya bikin awet muda saja, tetapi setiap tangga dibangunan tersebut juga mengandung filosofi, sehingga peninggalan bersejarah tersebut menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat sejarah peninggalan pemimpin daerah ini terdahulu.

Dalam kolam tempat pemadian istri raja terdapat tiga bagian anak tangga disekeliling kolam, setiap tangga mengandung filosofi tersendiri, seperti pada tangga bagian pertama konon memiliki khasiat kecantikan, awet muda serta mudah mendapatkan jodoh. Sedangkan untuk tangga kedua dipercaya bisa mendatangkan karir cemerlang dan nama besar dan tangga ketiga dipercaya bisa meningkatkan keimanan.

Keberadaan Taman Sare yang merupakan tempat pemandian para istri raja terdahulu hingga saat ini tidak ada perubahan, kondisi bangunan tetap utuh seperti layaknya di masa kerajaan, sehingga ketika mengunjungi tempat tersebut terlihat bangunan kuno yang banyak mengandung sejarah.

“Bangunan ini tetap utuh, jadi tidak ada perubahan sama sekali, jadi pengunjung sangat tertarik kepada tempat ini, karena ini kan banyak mengandung sejarah,” terang Erfandi.

Para pengunjung yang datang tempat pemandian istri raja bukan hanya dari Wilayah Madura saja, tetapi banyak dari luar daerah, seperti, Jawa Tengah, Jawa Barat. Sebab di daerah ini hanya satu-satunya yang memiliki keraton dan sejarah peninggalan para raja terdahulu.

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2016/02/taman-sare-pemandian-istri-raja-sumenep-diyakini-bikin-awet-muda.html
Comments
Loading...