Taman Prasejarah Leang Leang Kab. Maros

0 64

Lokasi Taman Prasejarah Leang Leang

Taman Prasejarah Leang Leang terletak di Jl. Poros Desa Leang-Leang, Dusun Kampung Leang-leang, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Taman Prasejarah Leang Leang

Leang Pattae termasuk tipe gua kekar lembaran, dengan langit-langit gua yang sempit dan kurangnya proses travertine yang terjadi di dalam rongga gua. Gua ini menghadap ke arah barat 2700 NE dengan pintunya yang berukuran tinggi 7 meter dan lebar 12 meter. Suhu udara di dalam gua berkisar 30 derajat Celsius dengan kelembaban rata berkisar 70 %, sedangkan kelembaban rata-rata dinding gua berkisar antara 15-25 %.

Potensi arkeologi yang dimliki leang ini berupa; lukisan babi rusa 1 ekor dan 3 buah telapak tangan negatif adapun posisi panel terletak di langit-langit bagian tengah Adapun sikap gambar babi rusa sedang meloncat atau miring dan telapak tangan sikap tegak 1 sedang yang 2 lagi miring. Akumulasi temuan yang teramati di situs ini selain lukisan adalah artefak batu (mikrolit) yang menyebar dalam pelataran gua dan buangan sampah dapur berupa kulit-kulit kerang yang terdeposit di sisi pintu gua.

Leang Pettakere : Akumulasi data arkeologi yang ditemukan terdiri atas lukisan dinding gua berupa gambar babi rusa 1 ekor dan gambar cap telapak tangan 22 buah dan telapak tangan hingga siku 6 buah yang kesemuanya menggunakan zat berwarna merah, posisi panel pada langit-langit bagian tengah, dengan sikap gambar tegak 4, miring 8 dan rebah 16 temuan lain berupa alat batu mikrolit termasuk mata panah yang sisinya bergerigi juga ditemukan di situs ini tetapi tidak berada di dalam rongga dan pelataran gua, justru menyebar di bagian lahan di bawah pelataran gua.

Pada bagian lahan dimana alat-alat batu ditemukan tersebar pula sampah dapur berupa kulit kerang yang sudah terdeposit. Temuan lain yang tidak kalah menariknya dari situs ini adalah perolehan tengkorak tanpa kerangka ketika BP3 Makassar pada tahun 1978 melaksanakan penggalian tanah untuk membuat pondasi tangga besi menuju pintu gua.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/taman-prasejarah-leang-leang-kab-maros/
Comments
Loading...