Taman Narmada Lombok

0 359

Lokasi Taman Narmada Lombok

Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara barat.

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Gede Karang Asem, pada tahun 1727. Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, yaitu anak Sungai Gangga yang disucikan di India. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah (mata air) diasosiasikan sebagai tirta amerta (air keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kemungkinan nama Narmada digunakan untuk menamai nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai tempat tersebut. Lama-kelamaan digunakan untuk menyebut pura dan keseluruhan kompleks Taman Narmada.

Awalnya, taman ini dibuat sebagai tempat untuk menyelenggarakan sejumlah upacara keagamaan, selain juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja saat musim kemarau. Oleh karena itu, Taman Narmada ini juga dikenal pula dengan nama Istana Musim Kemarau, sebab jika musim kemarau tiba istana raja yang berada di Cakranegara (Puri Ukir Kawi) ditinggalkan oleh raja untuk beristirahat di Taman Narmada.

Pura Kalasa di puncak tertinggi taman ini dibangun menyerupai miniatur Gunung Rinjani, Konon, Raja Anak Agung Gede Karang Asem membangun pura ini karena usianya sudah tua sehingga tidak mampu menaiki Gunung Rinjani untuk melakukan sembahyang.Karena itu bangunan pura dibuat berundak-undak agar menyerupai jalan di gunung. Pura Kalasa merupakan satu kesatuan dengan Telaga Agung. Telaga Agung dibuat sebagai miniatur Danau Segara Anak di Gunung Rinjani sebagai pengganti tempat pelaksanaan Upacara Pakelem setiap purnama kelima tahun Çaka (Oktober – November).

Upacara Pakelem yaitu suatu upacara yang dikaitkan dengan kesuburan dan turunnya hujan, yang disebut juga Upacara Meras Danu. Di tepi telaga terdapat pancuran berbentuk patung gajah, patung ksatria, dan miniatur candi dengan bentuk matahari yang keseluruhannya menunjukkan tahun 1801 Çaka atau 1879 Masehi menunjukkan selesai rehab Telaga Agung.

Source Taman Narmada Lombok NTB
Comments
Loading...