Taman Makam Persemakmuran Ambon Maluku

0 84

Lokasi Taman Makam Persemakmuran

Taman Makam Persemakmuran terletak di kawasan Tantui, Kota Ambon, Maluku.

Taman Makam Persemakmuran

Taman Makam Persemakmuran ataupun biasa disebut dengan Ambon War Cemetery. Di tempat ini sudah memakamkan lebih dari 3.000 para tentara sekutu yang gugur saat melawan negara Jepang pada masa Perang Dunia ke II. Selain itu yang paling banyak dimakamkan di tempat ialah tentara Australia, sisanya ialah tentara negara Inggris, Belanda, India, Kanada, Selandia Baru, serta Afrika Selatan.

Di area depan pemakaman tersebut juga terdapat sebuah Tugu Ambon dibangun untuk mengenang lebih dari 289 tentara dan juga 171 penerbang dari kesatuan negara Australia yang diprediksi telah gugur di Maluku, Sulawesi, dan juga kepulauan area sekitarnya, tetapi jenazah mereka tidak pernah bisa ditemukan hingga sekarang ini.

Sampai kini pemakaman ini masih sangat sering untuk dikunjungi oleh para keluarga tentara tersebut, terutama pada setiap tanggal 10 September mereka memang sengaja datang memperingati penahanan Gull Force oleh negara Jepang pada tahun 1941 sampai 1945 di kota Ambon.

Selain itu pada setiap tanggal 25 April akan diadakan ANZAC Day ini bertujuan untuk mengenang dan juga untuk memperingati para warga negara Australia dan Selandia Baru yang telah gugur pada peristiwa Perang Dunia ke I.

Source https://hello-pet.com https://hello-pet.com/wisata-sejarah-kota-ambon-2043128
Comments
Loading...