TMP Kusuma Negara Yogyakarta

0 824

Lokasi Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara

Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara adalah sebutan untuk kompleks pemakaman Wijaya Brata yang berlokasi di Jalan Kusuma Negara, Yogyakarta

Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara

Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara dikhususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk para Pahlawan Nasional, Anggota Militer, dan Pejabat Tinggi Negara.

Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara adalah Taman Makam Pahlawan Tingkat Propinsi yang berada di bawah wewenang dan tanggung jawab Dinas Sosial Propinsi DIY. Makam yang memiliki luas 2.872 hektare dengan jumlah makam kurang lebih 1946 makam, serta ada juga beberapa makam yang berisi 2-4 jenazah.

Taman Makam Pahlawan Kusumanegara didirikan pada tanggal 7 Oktober 1945. Pada awalnya dibina dan dipelihara oleh Departemen Hankam sedangkan tugas sehari-hari dilaksanakan oleh Kodam IV Diponegoro. Dalam hal ini dipercayakan pada Garnizun D.I. Yogyakarta.

Dalam perkembangannya, sesuai dengan SK Menhankam Pangab No. Skep. B/33/V/1972 tanggal 13 Mei 1972 tugas pembinaan dan pemeliharaan semua Taman Makam Pahlawan dilimpahkan tanggung jawabnya dari Departemen Hankam kepada Departemen Sosial.

Tokoh- tokoh Indonesia yang di makam kan di Taman Makam Pahlawan ini, yaitu :
  1. Ki Hajar Dewantara ( Bapak Pendidikan Nasional), beliau wafat tanggal 26 April 1959.
  2. Jendral Soedirman, ( Jenderal besar Republik Indonesia Zaman revolusi) wafat pada tanggal 29 Januari 1950.
  3. Cornel Simanjuntak, (pencipta lagu-lagu Nasional).

Kriteria jenazah yang bisa dimakamkan di TMP Kusumanegara adalah yang memiliki bintang jasa minimal veteran. Pahlawan yang dimakamkan di TMP Kusumanegara terdiri dari pahlawan sipil, pahlawan pejuang dan polisi. Ada juga seorang pahlawan Jepang yang dimakamkan di TMP Kusumanegara, beliau adalah seorang Tentara Jibaku atau pasukan berani mati. Tanda-tanda dalam nisan berbeda-beda artinya. Tanda silang artinya jenazah dalam nisan tersebut adalah seorang pejuang, tanda bintang untuk Angkatan Darat, tanda jangkar untuk Angkatan Laut, tanda burung untuk Angkatan Udara dan kotak tebal untuk polisi. Di TMP Kusumanegara juga terdapat sebuah aula untuk sarasehan.

 

Source TMP Kusuma Negara Yogyakarta DIY
Comments
Loading...