situsbudaya.id

Talang Pagar Agung Sumatera Selatan

0 35

Lokasi Talang Pagar Agung

Talang Pagar Agung saat ditemukan bilik batu ini berada di depan sebuah batu datar, arah hadap Bilik Batu ke Barat Laut terletak di Sumatera Selatan.

Talang Pagar Agung

Bilik batu di situs Talang Pagar Agung berjumlah 2 buah pada dinding bilik nampak disusun dengan menggunakan lapisan batu yang terbuat dari batu‐batu pipih kemungkinan jenis slabstone sedangkan atap bilik menggunakan batu andesit yang  utuh tidak dipangkas, dan terlihat diatas permukaan tanah, untuk memasuki bilik ini  terdapat undakan batu  andesit sebagai jalan menuju ke bawah menuju ke lantai bilik.Kedua buah bilik ini terletak bersebelahan yang dipisahkan oleh pembatas dinding, bilik yang pertama,tampaknya polos, sedangkan bilik yang kedua banyak terdapat lukisan dan goresan, serta ditemukan arca kepala manusia, adapun deskripsi lengkapnya sbb:

Bilik batu 1.

Bilik Batu yang pertama mempunyai pintu masuk tinggi 95 cm, lebar 45 cm, bilik ini mempunyai pintu masuk yang menghadap ke arah batu datar, bilik ini mempunyai dinding di sebelah kiri dan kanan, dan mempunyai atap yang menyambung ke bilik 2. Adapun ukuran panjang batu atap bilik seluruhnya 232 cm, dan lebar atap bilik seluruhnya 138 cm, bilik batu ini mempunyai lantai yang menggunakan jenis batu yang sama dengan dinding yaitu batu pipih yang disusun secara rata menutupi dasar lantai bilik yang  berwarna putih kekuningan

Bilik batu 2.

Terletak di sebelah selatan Bilik Batu 1. Ukuran tinggi sampai langit‐langit 154 cm, sedangkan pintu masuk yang arah hadapnya ke barat berukuran tinggi 89 cm dan, lebar 53 cm. Di bagian dalam bilik ke 2 ini ditemukan hiasan berupa lukisan dengan teknik lukis bahan oker dan goresan. Hiasan lukisan berupa bentuk hewan yang sosoknya jadi perdebatan: muka macan atau burung hantu? Terdapat pula goresan mirip tangan dan jari manusia. Ada lagi goresan lainnya,  pada atap dinding bilik batu. Goresan berupa  binatang cecak dan lingkaran pada dinding bilik dengan ukuran diameter 20 cm. Juga,  pada bagian atap bilik terdapat goresan berupa kotak‐kotak persegi empat dengan ukuran panjang 36 cm, lebar 34 cm. Di dalam bilik 2, ditemukan arca kepala manusia, seperti prototype arca yang ditemukan di situs Tegurwangi, kota Pagar Alam, Arca ini menunjukkan matanya melotot, hidung pesek, mulut tebal,  arca kepala ini berukuran panjang 27 cm, lebar 25 cm, tinggi 16 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2018/01/26/talang-pagar-agung/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2018/01/26/talang-pagar-agung/
Comments
Loading...