Surau Tinggi Calau Sumatera Barat

0 104

Lokasi Surau Tinggi Calau

Surau Tinggi Calau terletak di Jorong Subarang Sukam, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat.

Surau Tinggi Calau

Surau ini berada di sebuah Kompleks surau yang dinamakan “Kompleks Kampung Calau”. Memasuki gerbang berjalan ± 10 m ke arah selatan akan terlihat sebuah papan nama bertuliskan “Situs Cagar Budaya Surau Tinggi Calau”. Sekilas tidak terllihat bahwa ini adalah sebuah bangunan ibadah, karena berbeda dengan bangunan surau atau masjid pada umumnya yang memiliki atap berbentuk limas atau tumpang atau beratap kubah, bangunan ini berbentuk rumah gadang dengan atap bergonjong 4 (empat).

Surau Tinggi Calau merupakan bangunan dengan arsitektur tradisional Minangkabau seperti halnya rumah gadang, dengan bentuk bangunan yang ditinggikan dari tanah (memiliki kolong) dan atap gonjong. Seperti pada umumnya rumah gadang, bangunan ini dibuat dengan struktur dan konstruksi yang terbuat dari kayu kecuali atap yang dibuat dari seng, sandi yang dibuat dari batu berbentuk pipih yang berfungsi sebagai pondasi bangunan, dan tangga pada bagian serambi yang dibuat dari keramik.

Pembagian ruang di dalam surau terbagi atas lanjar dan ruang yang ditandai oleh tiang. Lanjar adalah bagian antara deretan tiang depan dan belakang, sedangkan ruang adalah bagian antara tiang kiri dan kanan. Surau terdiri dari 3 ruang dan 3 lanjar. Surau ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat shalat, tapi juga berfungsi sebagai tempat belajar agama Islam dan tempat tinggal.

Denah bangunan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 537,99 m x 964 m dengan luas lahan 13.015 m2. Bangunan berupa rumah panggung dengan ketinggian ± 1,28 m dari tanah dan dilengkapi dengan tangga dari keramik pada serambi. Bagian kaki bangunan merupakan komponen bangunan dari dasar sampai lantai papan yang meliputi : sandi, tonggak bagian bawah, sigitanrasuakjariaukamban-kamban, dan lantai. Sandi berupa batu berbentuk pipih yang berfungsi sebagai pondasi bangunan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2016/02/02/surau-syech-gadang-burhanuddin-dan-surau-tinggi-calau/
Comments
Loading...