Surau Tanjung Kampung Melayu Bangka Belitung

0 113

Lokasi Surau Tanjung Kampung Melayu

Surau Tanjung Kampung Melayu terletak di Jalan Batin Tikal, Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

Surau Tanjung Kampung Melayu

Surau ini dibangun pada tahun 1288 H sebagai tempat peribadatan kaum muslim Melayu Muntok sebelum Masjid Jami’ didirikan. Surau Tanjung berbentuk segi empat dengan orientasi barat timur. Bangunan ini terbuat dari tembok bata dengan lantai ditinggikan dari permukaan tanah dan dinaungi oleh atap genteng. Pada bagian serambi terdapat tangga masuk yang terbuat dari bata dengan sisa-sisa tegel asli yang berwarna orange, sedangkan lantai bagian dalam kini telah diganti dengan keramik putih. Serambi tersebut ditopang oleh 4 buah tiang kayu berbentuk segi empat.

Pintu masuk utama berada di sisi timur, sedangkan pintu masuk lainnya terdapat di sisi utara dan selatan. Pintu masuk utama berdaun ganda dengan ventilasi kayu berbentuk silang-silang pada bagian atasnya, sedangkan yang lainnya berdaun tunggal tanpa ventilasi. Pada bagian selatan terdapat tempat berwudhu. Bangunan ini memiliki luas bangunan 15,5 x 8 x 6 m diatas lahan seluas 19,5 x 8 m. Berdasarkan keletakan secara astronomis, berada pada titik 02° 04 07.7 LS, 105° 09 33.6 BT.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/11/21/surau-tanjung-kampung-melayu/
Comments
Loading...