Surau Batang Piaman

0 20

Surau Batang Piaman

Jika dilihat dari luarnya, bangunan tua yang tinggi menjulang ke langit itu, maka kita akan terhenyak dengan kebesaran Tuhan yang Maha Esa. Dengan kuasa Tuhan, Surau Batang Piaman masih bisa berdiri megah dari dulu hingga saat ini.

Konon kabarnya, pembuatan surau tuo tersebut berkat swadaya dan gotong royong sejumlah elemen yakni, tokoh masyarakat serta niniak mamak yang ikut serta dalam membangun pada waktu itu.

Surau Batang Piaman ini sudah berumur dua ratus tahun lebih yang terletak di Korong Batang Piaman Katiak, Nagari Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, Padang Pariaman.

Tempat ibadah umat Islam ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, terdiri dari 30 tiang yang berdiri kokoh seakan siap menopang bangunan tua tersebut walau gempa datang. Sehingga surau tuo yang ada di Batang Piaman memiliki cerita serta keunikan tersendiri.

Dulu, bangunan ini awalnya hanya terbuat dari bahan kayu secara keseluruhan, di mulai dari jenjang hingga dindingnya tanpa menggunakan paku besi untuk memasangkan antara kayu dengan kayu lainnya

Source http://webtorial.klikpositif.com http://webtorial.klikpositif.com/baca/11443/berusia-dua-abad--surau-ini-masih-berdiri-kokoh-di-pariaman
Comments
Loading...