Sumur Tua Mesjid Raya Pekanbaru

0 30

Sumur Tua Mesjid Raya Pekanbaru

Sumur tua ini dibangun dalam tahun 1927 bersamaan dengan dibangunnya Masjid Raya Pekanbaru. Sumur ini terletak di dalam ruang khusus pada sisi Selatan bangunan Mesjid Raya Pekanbaru setelah dilakukan perluasan mesjid tahun 2010.

Dahulunya, sumur tua berdiameter 2 meter dan memiliki kedalaman 5 meter Ini berada terpisah dari bangunan mesjid dengan jarak lebih kurang 5 meter serta berada dalam cungkup berbentuk segilima yang difungsikan sebagai sarana penyediaan air wudhu bagi para jamaah Mesjid Raya Pekanbaru.

Masyakarat sekitar mesjid pun dapat memanfaatkan keberadaan sumur tua ini sebagai sarana pemenuhan air bersih di rumahnya, karena sumur tua ini berada di ruang terbuka.

Hingga sekarang, sumur tua yang berada di daerah perbukitan ini tidak pernah mengalami kekeringan sepanjang musim. Sementara masyarakat yang tinggal di sekitar mesiid sering. mengalami kesulitan mendapatkan sumber mata air meskipun teiah menggunakan sistem sumur bor sedaiam 50 meter.

Lambat laun keberadaan sumur tua ini menjadi perbincangan banyak orang, karena diduga memiliki kekuatan magis dan banyak menarik perhatian khalayak ramai. Banyak masyarakat sekitar yang meyakini bahwa air sumur tua ini mempunyai rasa yang khas dan memiliki khasiat dapat menyembuh berbagai jenis penyakit.

Akhirnya, pada tahun 1985 pengurus Mesjid Raya Pekanbaru berinisiatif membuat cungkup bertutup guna menghindari perilaku masyarakat yang dapat mengarah kepada kemusyrikan.

Meskipun sejak tahun 2010 sumur tua ini ditempatkan dalam ruang khusus pada sisi selatan bangunan Mesjid Raya, namun keberadaannya tetap menjadi perhatian khusus bagi khalayak ramai dan memiliki potensi destinasi wisata religi ataupun destinasi wisata sejarah bagi Kota Pekanbaru.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...