Sumur Minyak Tua Minas Riau

0 175

Lokasi Sumur Minyak Tua Minas

Sumur Minyak Tua Minas terletak di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

Sumur Minyak Tua Minas

Sumur Minyak Tertua ini lokasinya tak jauh dari Kota Pekanbaru berjarak sekitar 44 km dihitung dari depan Kantor Gubernur Riau. Dari Pekanbaru arahkan kendaraan menuju ke Minas melalui daerah Rumbai. Tak jauh dari perbatasan Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Siak, disisi jalan sebelah kanan akan ditemukan sumur minyak tertua ini.

Sumur minyak ini sekarang berada dalam kawasan ladang minyak yang dikelola PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) sejak awalnya, dan aktif sejak tahun 1950. Bahkan dari sumur minyak di Minas inilah, PT CPI pernah memproduksi minyak Bumi 1 juta barrel pertama di tahun 1969.

Penetapan lokasi sumur minyak ini dilakukan pada bulan Maret 1941 dan pengeboran sumur dimulai pada tanggal 10 Desember 1943 dan selesai pengeboran pada 4 Desember 1944 untuk dilakukan uji pemompaaan dengan kedalaman sumur 800 m. Merk pompa yang digunakan adalah Lufkin. Saat ini pompa minyak pada sumur tertua minyak Minas tersebut tidak berproduksi lagi dan dijadikan monumen sejarah perminyakan di Propinsi Riau, berdiri megah di pinggiran kota Minas.

Source http://www.riaumagz.com/ http://www.riaumagz.com/2017/10/sumur-minyak-dan-pompa-angguk-tertua.html
Comments
Loading...