Strutktur Lama Tiang 6 Mesjid Raya Pekanbaru

0 55

Strutktur Lama Tiang 6 Mesjid Raya Pekanbaru

Tiang Enam merupakan tiang dasar pembangunan mesjid sekaligus dijadikan tonggak sejarah awal pembangunan Mesjid Raya Pekanbaru.

Mesjid yang dibangun sekitar tahun 1927 M dengan ukuran 13 x 17 meter semasa pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura diperintah oleh Sultan XII dan Yang Dipertuan Besar Kerajaan Siak Sri Indrapura bergelar Paduka Sri Sultan as-Sayyid as-Syarif Kasim II Abdul Jalil Syaifuddin (1908-1945).

Pembangunan Mesjid Raya yang selesai pada tahun 1936 silam juga melibatkan tokoh masyarakat seperti Imam H. M. Thaher, H. Sulaiman India, Guru Hasan dan M. Zain serta puak Senapelan secara bergotong-royong hingga dapat dipergunakan untuk pelaksanaan ibadah secara sempurna.

Bangunan Mesjid Raya Pekanbaru telah mengalami beberapa kali pengembangan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan jumlah jamaah Masjid Raya yang cukup ramai, sehingga pada tahun 1939 M, dibangun selasar keliling mesjid dengan lebar 2,35 meter. Kemudian pada tahun 1940 dibangun pula pintu gerbang Mesjid Raya yang menghadap ke Timur. Dalam tahun 1973, bangunan Mesjid Raya kemudian ditambah dengan teras depan dan pada tahun 1985 dibangun kubah baru Mesjid Raya.

Mengingat kawasan ini ingin dijadikan sebagai kawasan wisata sejarah dan wisata religi yang dipadupadankan dengan Visi Riau 2020, maka kawasan Mesjid Raya ini ditetapkan sebagai kawasan yang perlu direvitalisasi. Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau No.34 Tahun 2007 tertanggal 5 Nopember 2007, maka terjadilah pembongkaran Mesjid Raya Pekanbaru dengan menyisakan Tiang Enam Mesjid Raya Pekanbaru sebagai tiang dasar pembangunan mesjid.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...