Struktur Masjid Sultan Abdurrahman Muazzam Syah Kab. Lingga

0 26

Struktur Masjid Sultan Abdurrahman Muazzam Syah

Merupakan Masjid kedua yang dibangun oleh Sultan Abdurrahman Muadzam Syah III pada tahun 1884 M. Tukang yang membangun masjid ini adalah orang-orang Tionghoa dari Singapura. Masjid ini hanya dipergunakan selama 6 tahun. Masjid ini sekarang hanya tinggal sisa-sisa dinding tembok sisi selatan dan utara. Dinding tembok di sisi utara ukuran tebalnya 113 cm dan tingginya 4 m. Dinding tembok terdiri dari 3 buah jendela terlihat dari sisa-sisa tembok yang tertinggal dengan lubang bekas jendela berbentuk persegi panjang. Jendela di sisi timur berukuran 203 cm x 395 cm, jendela di bagian tengah berukuran 346 cm x 197 cm, dan jendela di sisi barat berukuran 307 cm x 200 cm. Dinding sisi selatan ukuran tebalnya 91 cm, pada dinding sisi selatan terdapat 5 buah jendela namun yang tersisa hanya pada bagian bawahnya, sedangkan bagian atasnya sudah tidak ada lagi sehingga yang terukur hanya lebar bagian bawah jendela.

Jendela pertama berada pada bagian sisi paling barat berukuran 265 cm, jendela kedua berukuran 195 cm, jendela ketiga berukuran 223 cm, jendela keempat berukuran 232 cm, dan jendela kelima berada pada sisi paling timur berukuran 180 cm. Dinding tembok masjid ini terbuat dari bata berspsesi kapur dengan ukuran bata panjang 24 cm, tebal 7 cm, lebar 11,6 cm. Keunikan terlihat pada jenis bata yang dipergunakan sebagai bahan utama dindingnya sangat bervariasi ada yang tebal dan tipis. Keunikan lainnya terlihat dari jenis bahan bata dan cara pembakaran dan bahan campurannya karena batanya terlihat lebih mengkilat dan terlihat seperti ada glasirnya. Warna bata pun sangat bervariasi mulai dari merah bata sampai merah maroon. Pintu masuk masjid ini berada di sisi timur dengan ukuran lebarnya 275 cm, pintu masuk ini hanya tersisa runtuhan batanya. Mihrab masjid berada di sisi barat, mihrab ini pun sudah tertutup reruntuhan bata, sehingga tidak dapat diketahui ukuran besarnya mihrab.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...