Stasiun Wirosari

0 176

Stasiun Wirosari

Stasiun Wirosari (WRS) adalah stasiun kereta api nonaktif kelas III/kecil yang berada di Wirosari, Wirosari, Grobogan. Stasiun ini termasuk dalam Wilayah Aset IV Semarang.

Stasiun ini dibuka bersama dengan jalur kereta api Demak–Purwodadi–Wirosari tertanggal 10 September 1887. Untuk melaksanakannya, Samarang–Joana Stoomtram Maatschappij mulai membangun lagi perpanjangannya dari Purwodadi menuju Wirosari setelah sukses dengan Demak–Purwodadi. Jalurnya selesai pada tanggal 1 Oktober 1889.

Selanjutnya, dari Wirosari diperpanjang sampai Blora. Konsesinya tertanggal 7 Desember 1891, dibagi menjadi tiga bagian. Segmen Wirosari–Kunduran dibuka pada tanggal 16 September 1893, Kunduran–Ngawen pada tanggal 22 Maret 1894, dan terakhir, Ngawen–Blora, pada tanggal 13 September 1894.

Untuk mendukung transportasi dan akomodasi objek wisata gunung lumpur Bledug Kuwu serta untuk pengiriman garam dari tempat tersebut, dibangunlah jalur baru yang menghubungkan Wirosari dengan Kradenan. Percabangannya dimulai dari Halte Pengkol yang letaknya kurang lebih 2,8 km dari stasiun ini. Jalurnya sepaket dengan jalur-jalur cabang lainnya di lintas Samarang–Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) dan diresmikan pada tanggal 1 November 1898.

Stasiun ini ditutup pada tahun 1996 bersama dengan jalur kereta api Wirosari–Kradenan dan Purwodadi–Wirosari–Blora karena kalah bersaing dengan moda transportasi lainya seperti bus dan mobil pribadi. Bekas bangunan Stasiun Wirosari saat ini menjadi sebuah toko bangunan, dan jalur kereta apinya sudah tidak tampak.

Source https://id.wikipedia.or https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Wirosari
Comments
Loading...