Stasiun Tebing Tinggi

0 46

Stasiun Tebing Tinggi

Stasiun Tebing-Tinggi (TBI) adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Kota Tebing Tinggi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +21,50 meter ini termasuk dalam Divisi Regional I Sumatra Utara dan Aceh.

Stasiun ini merupakan stasiun persimpangan antara jalur-jalur yang menuju Medan, Siantar, dan Kisaran. Stasiun ini berukuran cukup besar dengan jumlah sepur yang cukup banyak. Di stasiun inilah terdapat Dipo Mekanik Tebingtinggi, tempat markas semua peralatan dan kereta mekanik seperti mesin pecok, pengatur balast, dan kereta penolong.

Di samping itu, di Stasiun Tebing Tinggi juga terdapat satu-satunya pemutar rel yang tersisa di Divisi Regional I Sumatra Utara dan Aceh. Uniknya, meja pemutar ini dioperasikan dengan cara diengkol, bukan didorong. Di sebelah pemutar rel ini masih terdapat sebuah los bundar 8 pintu yang juga merupakan sisa peninggalan Deli Spoorweg Maatschappij. Stasiun ini pada zaman DSM dulu memiliki kompleks perumahan pegawai yang sangat luas. Perumahan ini terbagi dalam asrama-asrama untuk pegawai dan rumah-rumah mewah untuk para pembesar Belanda.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Tebing_Tinggi_(Tebing_Tinggi)
Comments
Loading...