Stasiun Pasar Senen Jakarta

0 897

Lokasi Stasiun Pasar Senen

Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun Senen, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen (PSE) atau juga biasa disebut Stasiun Senen adalah stasiun kereta api kelas besar. Stasiun yang terletak pada ketinggian +4,7 meter ini termasuk ke dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini dibangun pada tahun 1916 dan diresmikan pada tanggal 19 Maret 1925. Stasiun ini memiliki enam jalur dengan jalur 3 dan 4 sebagai sepur lurus serta jalur 6 sebagai jalur khusus KRL.

Stasiun Pasar Senen ini melayani kereta api penumpang kelas bisnis dan ekonomi AC dari dan tujuan kota-kota penting dan utama di Pulau Jawa ditambah KA Gumarang (kelas campuran eksekutif-bisnis-ekonomi AC) yang dulunya dilayani di Stasiun Jakarta Kota dan juga sebagian perjalanan KRL/CommuterLine, sedangkan kedatangan dan keberangkatan kereta api penumpang kelas eksekutif dan kelas campuran eksekutif-ekonomi AC plus ataupun eksekutif-bisnis dilayani di Stasiun Gambir.

Sejarah Stasiun Pasar Senen

Nama stasiun kereta api ini berasal dari sebuah pasar yang berada dekat dengan stasiun ini yaitu Pasar Senen. Dinamakan Pasar Senen karena stasiun ini hanya buka pada hari Senin, didirikan oleh Pemerintah Kolonial pada tahun 1733 untuk menghidupkan perekonomian masyarakat Weltevreden yang kelak menjadi Gambir, Jakarta Pusat. Pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Van der Parra, Pasar Senen semakin ramai sehingga buka setiap hari. Banyak pedagang Tionghoa yang membuka usahanya di pasar ini. Semenjak kemerdekaan hingga 1975, Pasar Senen terus dikembangkan sebagai pusat perdagangan Senen dan telah menjadi tulang punggung perekonomian Jakarta pada masa itu.

Mulanya stasiun ini berstatus sebagai perhentian kecil yang dioperasikan oleh Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij pada sekitar tahun 1894. Pada tahun 1916, Staatsspoorwegen yang telah mengambil alih jalurnya membangun Stasiun Pasar Senen yang besar dan selesai dibangun pada tanggal 19 Maret 1925. Bangunan ini diarsiteki oleh J. van Gendt, dengan gaya arsitektur Neo-Indische.

Source Stasiun Pasar Senen Jakarta Jakarta
Comments
Loading...