Stasiun Ngrombo, Saksi Sejarah Perkeretaapian di Grobogan

0 22

Stasiun Ngrombo, Saksi Sejarah Perkeretaapian di Grobogan

Bagi Anda, warga Grobogan, pasti kenal dengan bangunan stasiun yang satu ini. Adalah Stasiun Ngrombo (NBO).Stasiun Ngrombo adalah stasiun kereta api yang terletak di Jalan Raya Purwodadi-Solo, Depok, Toroh, Grobogan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +38 m ini berada di Daerah Operasi IV Semarang. Nama stasiun ini diambil dari dusun tempat stasiun ini berada.

Stasiun yang hanya terpaut jarak 1,5 km di barat Stasiun Gambringan ini dulunya memiliki percabangan ke Purwodadi. Rel ke arah Purwodadi saat ini telah tertimbun bangunan stasiun yang baru. Walaupun tidak lagi menjadi stasiun percabangan, penduduk Purwodadi yang hendak naik kereta api akan menuju Stasiun Ngrombo karena lebih dekat dengan jalan raya yang menghubungkan Purwodadi-Solo bila dibandingkan dengan Stasiun Gambringan.

Terdapat 2 bangunan di kawasan Stasiun Ngrombo. Di sisi timur adalah bangunan yang dahulu dibuat oleh Belanda, sementara bangunan yang baru berada di sisi barat. Bangunan yang baru berisi ruangan PPKA, peralatan pemindah wesel dan pengatur sinyal, sementara bangunan yang lama berfungsi sebagai ruang tunggu, dilengkapi dengan toilet dan musala.

Stasiun Ngrombo memiliki 4 jalur kereta api, 2 di antaranya adalah jalur lurus. Di selatan emplasemen terdapat gudang pupuk, dan rel terdekat adalah jalur 4.Ada beberapa jenis KA yang melakukan pemberhentian di Stasiun Ngrombo, seperti KA Maharani, dan KA Blora Jaya dan KA Harina.

Source http://dishub.grobogan.go.id http://dishub.grobogan.go.id/informarsi/peraturan/88-ngrombo
Comments
Loading...