Stasiun Lasem Rembang

0 328

Lokasi Stasiun Lasem

Terletak di kelurahan Dorokandang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Kecamatan Lasem berada di pantai Utara Jawa Tengah terletak +13 km dari ibukota Kabupaten. Stasiun ini menghubungkan Semarang-Lasem.

Stasiun Lasem

Stasiun Lasem (kode:LS) merupakan stasiun kereta api non-aktif yang terletak di Dorokandang, Lasem, Rembang. Stasiun Lasem dibangun pada masa pendudukan Hindia Belanda oleh Semarang-Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) yang merupakan salah satu perusahaan kereta api dan trem yang mendapat konsesi untuk memasang jalan rel dan mengeksploitasinya sebagai alat angkutan. Stasiun Lasem dibangun berdasarkan surat Penunjukan Gubernur (Gouvernement Besluit) tepatnya tanggal 18 Maret 1881 no 5 SJS.

Stasiun Lasem dibangun pada tahun 1883-1900 dengan luas bangunan Stasiun dan Overkappingnya 70 m2 diatas tanah seluas 29930 m2. Pada tahun 1989, Stasiun Lasem terpaksa ditutup karena dianggap tidak efisien dikarenakan sudah banyaknya kendaraan angkutan umum yang lewat jalan raya, saat ini area stasiun ini difungsikan sebagai pangkalan truck yang tidak resmi.

Pada awalnya kereta yang melintasi Stasiun Lasem hanya difungsikan sebagai alat pengangkut hasil bumi oleh pemerintah Hindia Belanda dan perusahaan kereta api SJS. Tak selang lama, kereta mulai menarik gerbong-gerbong penumpang. Kereta menjadi pilihan jitu sebagai alat angkut yang mampu memboyong puluhan penumpang dari Lasem ke Semarang selama beberapa puluh tahun.

 

Bangunan Stasiun Lasem

Stasiun Lasem dibangun dengan arsitektur indish yang diberi sedikit sentuhan aksen Tionghoa. Meski terlihat kusam, bangunan utama stasiun yang terletak di Desa Dorokandang itu masih memancarkan kharismanya. Lengkungan di atapnya menjadi ciri khas yang tidak dijumpai di stasiun manapun. Pintu masuk bangunan utamanya pun dibikin melengkung. Lalu persis di sebelah daun pintunya terdapat bekas lubang loket yang terbuat dari kayu tebal.

Source Stasiun Lasem Rembang Rembang
Comments
Loading...