Stasiun Kereta Api Sukabumi

0 66

Stasiun Kereta Api Sukabumi

Stasiun terletak di Jl. Stasiun Barat No. 2 ini berada pada ketinggian +583 m.Stasiun ini adalah stasiun yang paling selatan di Daop 1 Jakarta. Stasiun Sukabumi dibuka pada tahun 1882. Stasiun ini dahulu mempunyai 5 jalur, namun tinggal 3 jalur yang masih aktif. Jalur 1 biasanya digunakan untuk Kereta api Siliwangi. Jalur 2 biasanya digunakan untuk Kereta api Pangrango. Sedangkan jalur 3 adalah untuk langsiran lokomotif. Selain itu, stasiun ini dahulu mempunyai dipo lokomotif dan turn-table. Depo lokomotfnya sudah dibongkar dan tinggal turn-table yang masih tersisa. Sayangnya jembatan putarnya juga sudah tak dipakai lagi karena PT KAI saat ini mengoperasikan lokomotif CC206, lokomotif yang mempunyai 2 kabin sehingga tak usah diputar lagi. Stasiun ini buka sekitar jam 4 pagi dan tutup sekitar jam 10 malam.

Kemungkinan dahulu stasiun ini pernah mempunyai cabang ke Cikembar. Jalur ini dahulu mungkin digunakan untuk mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM). Jalur ini sudah tidak ada lagi. Kemungkin alasan jalur ini sudah tidak ada lagi karena dibongkar oleh Kekaisaran Jepang saat Perang Dunia II dan diangkut ke Burma, Pekanbaru atau Bayah untuk membuat jalur kereta api di sana.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/04/20/wisata-sejarah-di-sukabumi-jawa-barat/
Comments
Loading...