Stasiun Kereta Api Singkarak

0 24

Stasiun Kereta Api Singkarak

Jalur kereta api di Kabupaten Tanah Datar merupakan bagian rute antara Sawahlunto-Solok-Tanah Datar-Padang Panjang-Pariaman-Solok. Stasiun Singkarak ini diperkirakan dibangun dalam rentang akhir tahun 1890-an sampai dengan awal 1900-an.4 Setelah berkurangnya cadangan batubara di Ombilin, Sawahlunto, rute ini tidak lagi difungsikan. Pada tahun 2000-an jalur tersebut difungsikan kembali sebagai kereta wisata dengan rute Solok-Padang Panjang. Namun sekarang jalur ini tidak dioperasikan untuk sementara waktu.

Bangunan Stasiun Singkarak berdenah empat persegi panjang dengan ukuran panjang 18,6 m x Lebar 4,43 m. Orientasi bangunan menghadap arah timur. Secara umum bangunan berbahan: dinding kantor dan ruang tunggu penumpang berbahan kayu. Sedang ruang pelayanan dinding berbahan bata berspesi (tembok) dan atap dari seng. Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, bangunan terdiri dari 3 (tiga) ruang dengan rincian: ruang tunggu (peron) pada sisi utara berukuran panjang 7,93 m x 4,43 m. Secara keseluruhan ruangan ini berbahan kayu (tiang) dengan dinding kayu. Kemudian pada bagian tengah terdapat bangunan berdinding kayu yang difungsikan sebagai ruang kantor pegawai stasiun yang berukuran panjang 4,60 m x lebar 4,43 m. Selanjutnya pada sisi selatan terdapat ruang pelayanan, yakni ruang tempat memindahkan jalur kereta api yang berukuran panjang 6,07 m x lebar 4,43 m. dinding bangunan ini diperkirakan merupakan bangunan baru.

Pada sisi timur terdapat sebuah pintu berbahan kayu (pada ruangan kantor pegawai stasiun) yang berukuran tinggi 2,27 m x lebar 0,89 m. Pada sisi selatan terdapat sebuah jendela berukuran tinggi 1,58 m x lebar 1,16 m. Selanjutnya pada sisi sebelah barat (belakang stasiun), terdapat sebuah jendela berukuran besar berbahan kayu dengan ukuran tinggi 2,27 m x lebar 2,19 m. Tinggi keseluruhan bangunan sampai dengan atap adalah 4,65 m. Sebagai tambahan pada stasiun ini hanya terdapat 2 (dua) buah jalur wesel (tempat berpindahnya/berputarnya kereta api.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Solok.pdf
Comments
Loading...