Stasiun Kereta Api Silungkang

0 25

Stasiun Kereta Api Silungkang

Bangunan ini dulunya sebagai stasiun kereta api batubara, namun semenjak kereta api yang mengangkut batubara ke Padang tidak beroperasi lagi maka bangunan stasiun ini di tutup, kemudian dari pada tidak terpakai, bangunan ini di kontrakkan oleh PJKA kepada penduduk sekali setahun sebagai tempat tinggal. Menurut salah seorang pegawai PT. KAI, stasiun ini akan difungsikan kembali sebagai stasiun kereta api wisata, namun masih dalam proses.

Bangunan ini terbuat dari bata berspesi dengan atap dari genteng. Pada bagian belakang bangunan ini terdapat 4 buah jendela dari kayu, satu jendela dari kaca dan terdapat satu ventilasi. Di jendela yang berkaca, pada bagian bawahnya terdapat anak tangga sebanyak 2 buah. Sedangkan jendela bagian ujung kiri terdapat konsul dan anak tangga. Pada bagian depan bangunan stasiun ini ada 3 pintu dan satu ventilasi. Bagian sisi kiri ada tambahan bangunan yang terbuat dari kayu. Sedangkan pada bagian kanan bangunan terdapat bekas tempat sinyal. Pada dinding bagian bawah bangunan dilapisi batu koral campur semen.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...