Stasiun Kereta Api Perbaungan

0 78

Stasiun Kereta Api Perbaungan

Gedung stasiun kereta api perbaungan yang mulai didirikan tahun 1901 selesai dan di resmikan pada tahun 1903 oleh pemerintah kolonial belanda stasiun perbaungan merupakan stasiun yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai stasiun kereta api penumpang dan hasil perkebunan yaitu kelapa sawit, getah karet, sayur mayur, dan buah-buahan.

Stasiun Perbaungan (PBA) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Simpang Tiga Pekan, Perbaungan, Serdang Bedagai. Stasiun yang terletak pada ketinggian +16 m ini termasuk dalam Divisi Regional I Sumatra Utara dan Aceh.

Di stasiun ini masih terdapat reruntuhan bekas-bekas menara air, bangsal lokomotif, dan pancuran air untuk loko-loko uap pada zaman Belanda. Sejak tahun 2013 stasiun ini tidak melayani naik-turun penumpang dikarenakan kebijakan PT KAI yang melarang pedagang asongan untuk berjualan di atas kereta.

Di stasiun Perbaungan terdapat jalur khusus pengisian CPO dari PTPN IV Kebun Adolina yang berada bersebelahan dengan stasiun ini. Tidak ada kereta api penumpang yang berhenti normal di stasiun ini, kecuali jika terjadi persilangan dan persusulan antarkereta api.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/03/wisata-sejarah-di-kabupaten-deli-serdang-sumatera-utara/
Comments
Loading...