Stasiun Kereta Api Madiun

0 184

Lokasi Stasiun Kereta Api Madiun

Stasiun Kereta Api Madiun terletak di Jalan Kompol Sunarnyo No. 6A Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur, atau tepatnya berada di sebelah selatan PT. INKA.

Stasiun Kereta Api Madiun

Jaringan rel kereta api mulai dibangun di Kota Madiun oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS) sekitar tahun 1885, dan mulai beroperasi pada tahun 1897. Pada awalnya, jalur kereta api yang dibangun ini merupakan jalur kereta api tebu.

Lalu, jalur tersebut dintegrasikan dengan jalur kereta api Madiun-Ponorogo-Slahung (45 kilometer) yang sejak 1983 relnya dinonaktifkan, dan terdapat juga percabangan rel menuju Stasiun Cepu yang melewati hutan di daerah Bojonegoro. Sedangkan jalur barat menuju ke Solo. Selang setahun kemudian juga dibangun sebuah Balai Yasa Lokomotif Uap yang terletak di sebelah utara stasiun ini. Pada Oktober 1898, stasiun ini mulai dioperasikan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Bangunan Stasiun Kereta Api Madiun

Bangunan Stasiun Madiun merupakan hasil rancangan Ir. Frans Johan Louwrens Ghijsels, seorang arsitek kelahiran Tulungagung, 8 September 1882. Sebelumnya, Ghijsels selama tiga tahun (1926-1929) juga menangani renovasi Stasiun Beos Jakarta Kota dengan rancangan Art Deco-nya.

Stasiun Besar Madiun berupa stasiun satu sisi dengan bangunan utama terletak sejajar dengan rel dan emplasemen. Sebagian besar bangunan stasiun, baik bangunan utama maupun emplasemen telah mengalami renovasi sehingga penampilan keseluruhan stasiun ini bersuasana cukup modern.

Pada ruang peron terlihat sedikit sisa elemen bangunan lama yang berupa pintu besar berbentuk persegi. Dinding bagian bawah dilapis dengan marmer agar tidak mudah kotor dan lebih mudah dibersihkan, mengingat fungsinya sebagai ruang publik.

Lobby utama stasiun ini terkesan luas karena langit-langit dibuat tinggi. Ruang loket penjualan ticket menampilkan suasana yang sama dengan lobby, tetapi terlihat lebih akrab dengan ketinggian langit-langit yang lebih rendah.

Source Stasiun Kereta Api Madiun Jawa Timur
Comments
Loading...