Stasiun Kereta Api Kota Pariaman

0 19

Stasiun Kereta Api Kota Pariaman

Stasiun Pariaman merupakan stasiun kereta api di Pariaman. Stasiun yang terletak pada ketinggian +2 meter dpl ini berada di Divisi Regional 2 Sumatera Barat. Pada awalnya Stasiun ini terletak hanya 20 meter dari pantai. Stasiun ini dibangun sekitar tahun 1908-an yang dipergunakan oleh perusahaan perkerataapian Belanda. Saat ini, stasiun Pariaman merupakan terminal bagi jalur kereta api Lubuk Alung-Pariaman. Sebenarnya, ke arah utara dari stasiun ini masih terdapat jalur rel yang berakhir di Sungai Limau. Namun, sejak tahun 1990-an, jalur ke sungai limau ini sudah tidak aktif lagi. Sebelum tidak aktif digunakan untuk angkutan CPO.

Stasiun Kereta Api Pariaman berada di pinggir Jalan Tugu Perjuangan. Stasiun ini memiliki ukuran panjang 31,2 meter dengan lebar 13 meter. Stasiun Kereta Api Pariaman merupakan salah satu stasiun yang berada di jalur kereta api Padang-Lubuk Alung-Pariaman-Sungai Limau. Bangunan stasiun kereta api Pariaman ini terdiri dari ruang-ruang tertutup dan ruang terbuka. Ruang tertutup antara lain kantor dan ruang mekanik serta tempat penjualan tiket. Sedangkan ruang terbuka adalah ruang tunggu bagi para penumpang dan loket tempat membeli tiket yang berupa lorong. Stasiun ini memiliki tiga buah sepur. Pada dinding kanan atas terdapat tulisan PARIAMAN. Sebagian besar dari unsur bangunan masih merupakan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau Tahun 2018 unsur bangunan asli tanpa ada perubahan, hanya saja terdapat penambahan bangunan baru di sisi selatan stasiun dan penambahan gonjong pada bagian depan bangunan atau dekat jalan Tugu Perjuangan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...