Stasiun Kereta Api Kacang

0 41

Stasiun Kereta Api Kacang

Stasiun kereta api ini merupakan bagian dari rute jalur kereta api antara Solok menuju Padang Panjang. Stasiun Singkarak ini diperkirakan dibangun dalam rentang akhir tahun 1890-an sampai dengan awal 1900-an. Sekarang bangunan ini beserta jalur relnya sudah tidak difungsikan lagi untuk sementara waktu.

Bangunan stasiun kereta api Kacang berdenah empat persegi panjang dengan ukuran panjang 20,58 m x lebar 4,32 m. Bangunan berorientasi arah timur. Secara umum terdapat 3 (tiga ruang) pada bangunan yang terdiri dari: bangunan I, terdapat di sisi utara merupakan ruang yang difungsikan sebagai kantor stasiun. Bangunan II, terdapat pada bagian tengah bangunan berukuran panjang 10,71 x lebar 4,32 m. Bangunan ini difungsikan sebagai ruang kepala stasiun. Diantara kedua bangunan ini terdapat sebuah lorong tempat pembelian karcis dan ruang tunggu penumpang. Bangunan III, berukuran panjang 6,08 m x lebar 4,08 m yang difungsikan sebagai ruang pelayanan kereta api. Secara umum bangunan tersebut berbahan, dinding dari bata berspesi, tiang dari kayu dan atap dari seng. Tinggi bangunan sampai dengan atap adalah 4,71 m.

Pada sisi timur terdapat 2 buah pintu berbahan kayu dengan ukuran lebar 1,17 m x tinggi 2,4 m. sedangkan pada sisi utara (tepatnya pada ruang kantor) terdapat sebuah jendela berbahan kayu dengan ukuran tinggi 1,76 m x lebar 1,2 m. Sebagai tambahan pada stasiun ini hanya terdapat 2 (dua) buah jalur wesel (tempat berpindahnya/berputarnya kereta api.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Solok.pdf
Comments
Loading...