Stasiun Kereta Api Garut

0 41

Stasiun Kereta Api

Terletak di persinggungan Ujung Bank dan jalan Veteran, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Bangunan stasiun kereta api Garut dibangun dan dibuka secara resmi tahun 1930. Bangunan Ini didirikan setelah ada pembangunan Jalan Rel Cilacap-Cicalengka Via Cibatu yang dibangun pada tahun 1889 dan lintasan atau jalan Sampingan Garut-Cikajang pada tahun 1926. Bangunan stasiun kereta api tersebut merupakan stasiun letaknya tertinggi di pulau Jawa yaitu 1.200 Meter di atas permukaan laut, hingga lokomotif yang melewati jalur ini merupakan lokomotif kuat seperti CC50.

Bangunan stasiun memberikan kesan megah dan monumental bergaya simetris. Keadaaan atap sudah tidak asli lagi, termasuk bahan material struktur konstruksinya, karena pada tahun 1947 dihancurkan oleh para pejuang. Bahan atap semula dari seng, setelah Kemerdekaan RI Tahun 1950-an diganti Genteng. Sekitar Tahun 1970-an jalan rel Sampingan Garut-Cikajang dibekukan sehingga stasiun kereta api tidak berfungsi. Akibat bangunan stasiun ini tidak terawat sama sekali. Sekarang bangunan stasiun kereta api digunakan sebagai sekretariat pemuda Pancasila cabang Garut. Hal tersebut cukup menguntungkan, hingga bangunan stasiun sedikit lebh terpelihara dan terawat.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/04/19/wisata-sejarah-di-garut-jawa-barat/
Comments
Loading...