Stasiun Kereta Api Banjar

0 12

Stasiun Kereta Api

Tidak banyak yang mengetahui tentang stasiun banjar yang lama,karena sekarang sudah dibangun stasiun yang baru di sebelahnya. Stasiun ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Para penjajah menyuruh masyarakat Indonesia untuk membangun jalan kereta dengan cara kerja rodi (kerja paksa) tanpa upah sepeser pun dan salah satunya membangun stasiun Banjar.
Stasiun ini menghubungkan jalan dari Banjar ke Pangandaran,Tetapi sekarang stasiun ini sudah tidak digunakan lagi,karena jalan kereta api dari Banjar ke Pangandaran sudah tidak dipakai lagi. Sekarang jalan kereta api dari Banjar hanya menghubungkan dari arah barat (seperti Jakarta, Bandung, dan lain sebagainya) ke arah timur (seperti,Surabaya, Solo, Yogyakarta,dan lain sebagainya).
Stasiun Banjar (BJR) adalah stasiun kereta api yang terletak di Banjar, Jawa Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +32 m ini adalah stasiun paling timur yang berada di Daerah Operasi II Bandung. Stasiun ini biasa menjadi tempat berhenti kereta api untuk berganti masinis, lokomotif, maupun penambahan gerbong kereta api di jalur selatan. Dari stasiun ini, terdapat percabangan jalur rel menuju Pangandaran hingga Cijulang, yang sudah tidak aktif sejak tanggal 3 Februari 1981. Di stasiun ini terdapat pula dipo lokomotif, dan bekas meja pembalik.
Stasiun Banjar telah dirancang sebagai stasiun besar dengan memiliki banjak jalur karena digunakan untuk pergantian lokomotif dan terdapat jalur cabang ke arah Cijulang sejauh 83 km. Lokomotif dari rangkaian kereta api ke arah Yogyakarta akan diganti dengan lokomotif untuk daerah datar seperti lokomotif uap seri C51, D50, D51 atau F10. Sementara lokomotif dari rangkaian kereta api ke arah Bandung akan diganti dengan lokomotif untuk daerah pegunungan seperti lokomotif uap seri CC10, CC50 atau DD52.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/04/21/wisata-sejarah-di-banjar-jawa-barat/
Comments
Loading...