Stasiun Candi Umbul Magelang

0 285

Lokasi Stasiun Candi Umbul

Stasiun Candi Umbul adalah stasiun kereta api nonaktif yang berada di Kartoharjo, Grabag, Magelang. Stasiun ini terletak di Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Stasiun Candi Umbul

Stasiun Candi Umbul ini merupakan stasiun kereta api paling utara di Kabupaten Magelang. Stasiun Candi Umbul ini dahulu dibangun pada tahun 1905 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Hindia Belanda saat itu. Dilewatinya situs Candi Umbul oleh jalur kereta api dan dibangunnya stasiun di seberang Candi Umbul, karena ketika era kolonial Belanda tidak sedikit orang Belanda yang berlibur ke Candi Umbul sebagai destinasi wisata pemandian air hangat.

Sejak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, operasional stasiun candi umbul ini diambil alih oleh perusahaan kereta api Republik Indonesia yang baru dibentuk yaitu Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI), yang kini telah berganti nama menjadi PT Kereta Api.
Sebelum tahun 1970, stasiun ini masih ramai melayani calon penumpang. Namun, pada tahun 1970, para calon penumpang di stasiun candi umbul ini menurun drastis karena kereta api saat itu berjalan sangat pelan dan sering menimbulkan kecelakaan karena rel kereta berada di pinggir jalan raya. Maka dari itu para penumpang lebih memilih menggunakan moda trasnportasi yang lainya seperti bus, mobil pribadi, dll. Pada tahun 1976, stasiun ini ditutup. Bekas stasiun ini masih ada, namun atapnya sudah hilang.
ada situasi yang dirasa janggal ketika mengorek informasi situasi kolonial masa lampau tentang perkebunan dan kisah stasiun. Penduduk sekitar terkesan curiga dan sedikit tertutup. Ini hal yang sangat wajar, mengingat wacana penghidupan kembali lintasan kereta api yang lama mati ini bakal terealisasi.
Source Stasiun Candi Umbul Magelang Magelang
Comments
Loading...