Stasiun Batutulis Bogor

0 14

Stasiun Batutulis Bogor

Stasiun kecil yang dibangun sejak tahun 1920 di masa Heritage oleh pemerintah Belanda ini, merupakan jalur pemberhentian kereta api dari Sukabumi ke Bogor. Letak stasiun ini dekat dengan objek wisata Prasasti Batutulis di Kel. Batutulis, Kec.Bogor Selatan, Kota Bogor. Hingga awal tahun 2012, kereta api yang beroperasi hanya satu saja, yakni Kereta Api Diesel(KRD) Bumi Geulis. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Stasiun Cab.Batutulis, Bogor.

Sejak tahun 1920 hingga 2012, kereta yang digunakan masih yang lama yakni kereta api diesel, yang tidak menggunakan mesin seperti sekarang,” ungkap Bambang Hudiono, Kepala Stasiun Batutulis.

Namun, meski hanya satu kereta api yang beroperasi pada periode tersebut, banyak kendala yang dihadapi oleh kepala dan staff stasiun. Hingga akhirnya stasiun batutulis dan KRD Bumi Geulis berhenti pengoperasiannya. Beberapa peralatannya sudah tua, seperti jalannya, alat-alat mekanis, bangunan stasiun, bahkan kereta apinya sendiri,” ujar lelaki bertubuh tegap tersebut.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/yesica/54f7f94ba33311d4178b4b9e/kisah-dibalik-vakumnya-stasiun-batutulis-bogor
Comments
Loading...