Stasiun Batang

0 81

Stasiun Batang

Stasiun Batang (BTG) merujuk pada dua buah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +4 meter (bangunan lama) dan +5 meter (bangunan baru) ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang. Meskipun stasiun ini berada tak jauh dari pantai, stasiun ini sangat sepi karena mayoritas penumpang dari sini lebih suka naik kereta dari Stasiun Pekalongan yang lebih besar.

Bangunan Stasiun Batang lama era jalur tunggal lintas utara Jawa ini merupakan bangunan stasiun yang dahulu dibangun oleh Semarang–Cheribon Stoomtram Maatschappij. Mulanya merupakan sebuah perhentian trem uap kecil yang kemudian dinaikkan statusnya menjadi stasiun kereta api, dibuka bersama dengan trayek Weleri–Pekalongan pada tanggal 1 Desember 1898. Seiring meningkatnya pengguna jasa, perhentian ini kemudian diperbesar sebagai bagian dari upgrading jalur trem SCS menjadi jalur kereta api pada tahun 1914.

Oleh masyarakat setempat, stasiun Batang yang lama ini juga diberi nama Stasiun Senggol, karena letaknya persis di hadapan Pasar Senggol yang kini telah dirobohkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian karena terdampak pembangunan jalur ganda.

Dengan dibangunnya jalur ganda, stasiun lama Batang resmi dinonaktifkan karena tidak ada cukup ruang untuk menambah jalur baru di stasiun ini. Bangunan stasiun ini kondisinya sudah tidak terawat sejak dibangunnya jalur ganda; peranan stasiun ini telah digantikan oleh Stasiun Batang Baru yang letaknya 1,6 km di timur stasiun lama, tepatnya di timur jalan akses Pantai Sigandu. Semula nama stasiun ini adalah Stasiun Batang Baru, tetapi tak lama kemudian kata “Baru” yang melekat pada stasiun ini resmi dihilangkan, sehingga saat ini stasiun tersebut tetap disebut sebagai Stasiun Batang saja.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Batang
Comments
Loading...