situsbudaya.id

Song Blendrong Yogyakarta

0 35

Song Blendrong

Song Blendrong terletak 2 km di sebelah utara Song Bentar. Hasil survei permukaan dan ekskvasi di situs ini juga menunjukkan indikasi adanya bekas hunian dari masa lampau. Sejumlah artefak batu diperoleh selama ekskavasi, lima di antaranya menunjukkan indikasi penggunaan seperti adanya kerusakan pada bidang pakai, retus, dan kilap silika. Jenis bahan yang dominan dipakai adalah rijang (kuning, merah, abu-abu, hijau) dan batu gamping silikaan; serta batuan basalt, andesit, kalsedon, dan fosil kayu seba-gai unsur minor.

Jenis artefak lain, yaitu artefak tulang, memberikan arti penting secara spasial, karena jarum berujung ganda, yang sebelumnya dianggap temuan spesifik dari Gua Braholo, ternyata juga menjadi unsur dominan di Song Blendrong. Jenis artefak tulang lain di Song Blendrong berupa lancipan dan sudip. Di situs ini juga ditemukan artefak yang dibuat dari tanduk rusa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/song-blendrong/
Comments
Loading...