SMU Bopkri 1 Yogyakarta

0 63

SMU Bopkri 1 Yogyakarta

Bangunan didirikan pada zaman pemerintahan Belanda yang digunakan untuk Christelijk Mulo. Pada masa pendudukan Jepang gedung ini digunakan sebagai tangsi militer. Masa revolusi tepatnya tanggal 31 Oktober 1945 berdirilah Militer Akademi dan digunakan sebagai pusat pendidikan militer. Pada tahun 1957 Akademi Militer pindah ke Magelang dan namanya berubah menjadi Akademi Militer Nasional. Mulai saat itu, bangunan bekas akademi militer digunakan sebagai Sekolah Kristen SMA BOPKRI I Yogyakarta sampai sekarang.

Bangunan terdiri dari beberapa bagian, namun secara keseluruhan merupakan bentuk bangunan yang panjang. Ruang depan tidak seberapa besar, disamping bangunan panjang ke, kanan dan ke kiri, menyerong ke belakang. Untuk masuk ruangan bagian depan agak tinggi dan berteras. Gaya bangunan tampak pada atap bagian depan berjendela tingkat, atas dan bawah dengan dibatasi oleh atap teras. Tampak gaya indis pada dinding, pintu, dan jendela tetapi tidak tampak ornamen.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/smu-bopkri-1-yogyakarta/
Comments
Loading...