SMP I Payakumbuh

0 74

SMP I Payakumbuh

Dari awal berdirinya, sampai sekarang bangunan ini masih tetap difungsikan sebagai sekolah. Sekolah didirikan pada tanggal 7 September 1946. Hal ini berdasar dari salah satu piagam ucapan selamat ulang tahun yang dibuat pada tanggal 27 September 1956 yang terletak pada galeri (etalase) sekolah. Piagam tersebut berisikan: Selamat Ulang Tahun ke 10 27-9-1946 27-9-1956 SMP Pajakumbuh Sekarang SMP 1 Payakumbuh ini merupakan sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional.

Orientasi bangunan adalah utara. Secara keseluruhan bangunan utama (asli) yang masih tertinggal adalah bangunan utama berbentuk huruf L serta sebuah bangunan aula (berbentuk persegi panjang yang difungsikan sebagai ruangan guru). Keseluruhan bangunan terbuat dari tembok berspesi dan atap dari seng. Pada bangunan utama (membentuk huruf L) bagian dinding bangunan (bagian luar dan dalam), separuhnya sudah di lapisi keramik warna hitam yang direhap pada bulan april tahun 1999. Atap terdiri dari dua tingkat yang ditopang oleh tiang yang terbuat dari kayu. Di antara atap ini terdapat lubang ventilasi yang berbentuk kotak (bujur sangkar). Loteng sekolah pada bagian luar terbuat dari anyaman bambu, dan pada bagian dalam terbuat dari kayu yang di cat warna putih.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...