SMK Negeri 2 Banjarbaru

0 16

SMK Negeri 2 Banjarbaru

SMK Negeri 2 Banjarbaru mengalami perjalanan panjang hingga menjadi sebuah SMK, merupakan sekolah alih fungsi dimana sebelumnya belum menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada awal berdirinya sekolah ini hanya setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) lebih tepatnya setingkat Sekolah Teknik (ST).

Bangunan sekolah ini sudah dibangun pada tahun 1980’an diperuntukan untuk sekolah SMKK Negeri, namun bangunan tersebut belum digunakan sebagai fungsinya sebagai bangunan sekolah karena ada kebijakan KANWIL Depdikbud Prod Kalsel pada waktu itu.

Hingga tahun 1984 Pemerintah Provinsi Kalsel membuat kebijakan perkembangan peningkatan Sekolah ST Negeri dan STM Negeri Banjarmasin. Pada saat itu lokasi STM Negeri Banjarmasin menjadi satu lokasi dengan 2 ST Negeri sehingga dalam satu lokasi terdapat 3 sekolah yang menjadi 1 lokasi yaitu STM Negeri Banjarmasin, ST Negeri 1 Banjarmasin dan ST Negeri 2 Banjarmasin, maka 2 Sekolah ST Negeri dilrelokasi secara bertahap, salah satunya ST Negeri 1 Banjarmasin direlokasi (dipindahkan) Ke Banjarbaru dengan menempati Bagunan yang diperuntukan untuk SMKK Negeri tersebut sehingga Sekolah Teknik Negeri 1 di Banjarmasin mempunyai 2 tempat belajar, di Banjarmasin dan Di Banjarbaru dengan nama STN 1 Banjarmasin di Banjarbaru dimana STN 1 Banjarmasin di Banjarbaru dipimpin oleh Bapak Asra Nasrudin mulai tahun 1984 hingga tahun 1994. STN 1 Banjarmasin di Banjarbaru terdiri dari 3 jurusan yaitu:

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Listrik
  3. Teknik Bangunan

Pada tahun 1994 bangunan sekolah diserahkan kepada Pemerintah Kota Madya Banjarbaru dan diubah namanya menjadi nama SMP Negeri 5 Program Pendidikan Keterampilan (PPK) Banjarbaru dipimpin Oleh Bapak Sugino Martopuro, S.Pd dengan jurusan:

  1. Teknik Otomotif
  2. Teknik Listrik
  3. Teknik Bangunan

SMP Negeri 5 PPK Banjarbaru masih menggunakan kurikulum ST hingga tahun 1998. Pada tahun 1998 berdasarkan NOMENKLATUR perubahan nama SMP menjadi SLTP, SMP Negeri 5 PPK Banjarbaru berubah nama menjadi SLTP Negeri 7 PPK Banjarbaru, masih dipimpin oleh Bapak Sugino Martoputro, S.Pd dengan jurusan:

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Listrik
  3. Teknik Bangunan

Hingga ahkhirnya SLTP Negeri 7 PPK Banjarbaru di Alih fungsikan oleh Pemerintah kota Banjarbaru menjadi sekolah setingkat SMA dengan nama SMK Negeri 2 Banjarbaru pada tahun 2002 dengan SK yang ditandatangani oleh WALIKOTA Banjarbaru dengan nomor SK. 239 tahun 2002 pada tanggal 26 Agustus 2002 dan masih dipimpin oleh Bapak Sugiino Martoputro, S.Pd hingga tahun 2003 kemudian kepemimpinan dilanjutkan Bapak Sunaryo sebagai Pejabat Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Banjarbaru hingga tahun 2004 dengan jurusan:

  1. Teknik Mesin Otomotif
  2. Teknik Listrik
  3. Teknik Bangunan

Setelah kepemimpinan Bapak Sunaryo mulai tahun 2004 dipimpin oleh Bapak Drs. Parjiono, M.Pd. melanjutkan berbagai pembangunan dan pelaksanaan rencana-rencana yang telah dibuat oleh pemimpin terdahulu sekaligus melaksanakan program kerja dan rencana baru yang telah dibuat. Di tahun 2006 SMK Negeri 2 Banjarbaru mempunyai 4 jurusan yaitu:

  1. Teknik Mesin Otomotif
  2. Teknik Instalasi Listrik
  3. Teknik Konstruksi Bangunan
  4. Teknik Gambar Bangunan

Hingga tahun 2007 SMK Negeri 2 Banjarbaru menambah jurusan menjadi 5 yaitu:

  1. Teknik Mesin Otomotif
  2. Teknik Pemanfaat Tenaga Listrik
  3. Teknik Konstruksi Bangunan
  4. Teknik Gambar Bangunan
  5. Teknik Komputer dan Jaringan

Kemudian tanggal 1 Juli 2015 Kepala SMKN 2 Banjarbaru mengalami pergantian dari Bapak Drs. Parjiono, M.Pd dengan Bapak Drs. Suyani, MT sampai sekarang.

Setiap tahunnya mulai di SMK Negeri 2 Banjarbaru mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat signifikan, mulai banyaknya peminat untuk bersekolah di SMK Negeri 2 Banjarbaru hingga prestasi yang diperoleh oleh sekolah dan siswa serta Guru SMK Negeri 2 Banjarbaru.

Pembangunan sarana dan Prasaran Penunjang belajar terus dibangun dan diadakan baik dari bantuan Pemerintah maupun Bantuan orang tua siswa melalui KOMITE sekolah. hal tersebut menjadaikan dampak positif kepada siswa dan gur dimana prestasi demi prestasi diraih oleh guru dan siswa
Sebagai sekolah SMK Terbaik di Banjarbaru selama 3 kali berturut (2006-2008) dan telah menghasilkan siswa yang mandiri dan siap berkompetisi dibidangnya dapat dilihat Prestasi SMKN 2 Banjarbaru bukan hanya siswa, alumni yang dihasilkan pun sudah siap kerja dan terampil hal ini dapat dilihat dari banyaknya kerjasama yang ditawarkan dari perusahaan untuk merekrut Alumni lulusan SMK Negeri 2 Banjarbaru bergabung diperusahaannya.

Source https://smkn2banjarbaru.sch.id https://smkn2banjarbaru.sch.id/profil-sekolah/sejarah-sekolah/
Comments
Loading...