SMA Negeri 1 Bogor

0 85

Lokasi SMA Negeri 1

SMA Negeri 1 terletak di Jalan Ir. H. Juanda nomor 16 Bogor Tengah, Jawa Barat.

SMA Negeri 1

Sekolah ini didirikan pertama kali di tahun 1946 oleh seorang yang mendapat gelar sebagai Bapak Biologi Nasional, yaitu Prof. Garnadi Prawiro Sudirdja. Mulanya sekolah ini bukanlah sekolah umum seperti sekarang ini melainkan sebagai sebuah SPMA alias Sekolah Pertanian Menengah Atas.

Dalam perjalanannya, SMA Negeri 1 Bogor sebenarnya juga melahirkan sebuah sekolah baru yaitu SMA Negeri 2 Bogor. Kisahnya terjadi ketika di tahun 1952, terjadi pembagian sistem dalam pendidikan tingkat menengah atas, yaitu dibagi menjadi jurusan A, B, dan C.

SMA Negeri 1 Bogor saat itu membawahi SMA A dan C. Sementara jurusan B dijadikan sebuah SMA tersendiri yaitu SMA Negeri 2 Bogor. Keduanya menempati bangunan yang sama. Jadi ada 2 sekolah dalam satu lokasi. Barulah di tahun 1970-1972 akhirnya SMA Negeri 2 menjadi berdiri sendiri dan menempati lokasi di kawasan Mantarena Bogor.

Bangunan dimana SMA Negeri 1 Bogor atau yang lebih sering disebut para siswanya dengan SMANSA ini ternyata juga bangunan yang bersejarah. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1918.

Gedung ini dulunya juga merupakan tempat orang-orang di Bogor menuntut ilmu sebab dipergunakan sebagai sekolah MULO(Meer Uitgebreid Lager Onderwijz). Sekolah ini di masa kolonial Belanda merupakan tempat bagi anak-anak pribumi dari kalangan bangsawan menuntut ilmu. Jadi dengan usia yang sudah melebihi 50 tahun, bangunan SMA Negeri 1 Bogor ini masuk dalam kategori bangunan cagar budaya.

Sayangnya, dalam perkembangannya beberapa tahun yang lalu, terjadi renovasi besar-besaran pada bangunan sekolah ini. Banyak ciri khas masa lalu yang hilang akibat renovasi tersebut. Bagian muka sekolah sudah berubah total dibandingkan bahkan awal tahun 1990-an. Meskipun demikian masih tersisa beberapa bagian yang mencerminkan masa lalu dari bangunan ini.

Source lovelybogor.com http://lovelybogor.com/sma-negeri-1-bogor-cagar-budaya-kenangan/
Comments
Loading...