Situs Yoni Sedah Jombang

0 275

Lokasi Yoni Sedah

Yoni Sedah secara administratif terletak di Dusun Sedah, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Jombang Jawa Timur.

Yoni Sedah

Yoni Sedah lebih dikenal masyarakat setempat sebagai Mbah Gambar, oleh karenanya yoni ini disebut juga dengan Yoni Gambar. Situs ini diperkirakan masih insitu (berada ditempat asalnya), yakni terletak di area persawahan Desa Japanan. Keberadaan situs ini sangat mudah untuk ditemukan karena mencolok dan dapat terlihat dari jalan raya. Untuk menuju situs ini dapat mengikuti rute sebagai berikut: Jombang – Diwek – Cukir – Mojowarno – Japanan.

Yoni ini memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan lebih besar sekalipun dibandingkan dengan ukuran orang dewasa. Yoni Sedah berdenah segi delapan ini dihiasi dengan pahatan-pahatan yang indah. Yang paling unik adalah adanya pahatan naga raja yang menyangga cerat yoni.

Keberadaan pahatan naga raja menjadikan yoni ini kerap dijuluki sebagai Yoni Naga Raja. Dalam pembahasan populer, Yoni Sedah bersama Yoni-yoni Naga Raja lainnya (Yoni Lebak Jabung dan Yoni Klinterejo) diyakini sebagai tapal batas dari Ibu Kota Kerajaan Majapahit. Meski benar bahwa yoni ini merupakan peninggalan Majapahit, namun kedudukannya sebagai tapal batas Kutaraja masih diragukan karena tidak termuat dalam sumber apapun.

Yoni berhiaskan Naga Raja teronggok. Naga Raja adalah binatang mitologi jelmaan Dewa Wasuki dalam kitab Mahabharata. Tubuh naga itu membelit Gunung Mandara. Kedua ujungnya ditarik dewa dan daitya (raksasa), sehingga gunung tersebut berputar mengebor air kehidupan. Yoni ini adalah yoni terbesar ke dua setelah Yoni Klinterjo yang terdapat di desa Klinterjo, Trowulan, Mojokerto.

Source Situs Yoni Sedah Jombang Jombang
Comments
Loading...