Situs Watu Lumpang atau Situs Cilongok Banyumas

0 555

Situs Watu Lumpang

Situs watu lumpang berjarak ± 1km dari Desa Panembangan Kec. Colongok, Kendal. Akses jalan menuju ke Situs ini sangat mudah di capai karena jalannya yang baik dan beraspal dan melewati tanjakan dengan kanan kirinya adalah tebing yang di hiasi berbagai tanaman kebun. Situs Watu Lumpang atau Situs Sambirata dan ada juga yang menamakan Situs Cilongok merupakan peninggalan purbakala terletak di sebelah utara kebon pak umar 25 m dari jalan desa.

Saat ini situs Watu Lumpang memiliki kondisi yang baik karena terawat, dan memiliki sisi keindahan tersendiri. Pemdes Sambirata samngat memperhatikan kebersihan, kerapian serta keamanan pada situs ini. Begitu juga dengan Pemda Banyumas yang menyatakan bahwa situs Watu Lumpang merupakan benda Cagar Budaya dan Purbakala. Pada sebelah kanan halaman yang di pagari dengan pagar besi segi empat di pasang nameboard pasal – pasal pidana UU Cagar Budaya dan Purbakala. Jika di lihat berdasarkan ciri dan bentuk situs Watu Lumpang ini dapat di kategorikan merupakan peninggalan pra sejarah pada zama Batu Besar Megalitikum di Pulau Jawa yang biasanya terletak di pinggir sungai. Letak Situs Watu Lumpang Ragung Desa Sambirata berada 20 m dari pnggiran sebuah sungai apabila ditarik garis lurus dari bibir alran sungai .

Zaman Megalitikum merupakan zaman kebuayaan yang menghasilkan bangunan – bangunan monumental yang terbuat dari batu – batuan seperti sarkofagus, kabur batu. Menhir, dolmen, arca, kubur. Peti batu, batu kenong, dan batu lumpang. Diketahui pula pada situs watu lumpang ini memiliki tinggi kurang lebih 80 cm dengan diameter 70 cm, kemudian di tengahnya berlubang seerti layaknya lumpang yang di gunakan sebagai tempat mengolah gabah pada zaman dahulu dengan alat penumbut alu. Pada Situs watu lumpang ini di dalamnya berisi air. peninggalan situs purbakala jaman pra sejarah digrumbul Ragung Desa Sambirata Kecamatan Cilongok dapat memeberi gambaran bahwa dipinggiran lereng Gunung Slamet sebelah Barat terdapat peninggalan pra sejarah yang sangat berharga sama halnya dengan dilereng Gunung Slamet sebelah timur seperti di desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.

Source Situs Watu Lumpang Suara Purwokerto
Comments
Loading...