Situs Watu Gudig Sleman

0 264

Lokasi Situs Watu Gudig

Situs Watu Gudig terletak di Dusun Jobohan, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Situs Watu Gudig

Dinamakan demikian karena letak candi atau situs watu gudig ini berada tidak jauh dari Bukit Watu Gudig di sisi utaranya. Dulu ukuran Bukit Watu Gudig tersebut lumayan besar. Namun kini semakin memendek dan menipis karena desakan kebutuhan pembangunan perumahan dan jalan.

Dinamakan Bukit Watu Gudig karena permukaan tanah bukit ini sebagian besar menampakkan tekstur tanah cadas yang diselang-seling oleh tonjolan kerikil di sana-sini sehingga tampak seperti kulit yang terserang penyakit gudig atau kudis.

Letak Situs Watu Gudig berada di tanah dataran di sisi selatan-barat kompleks Candi Ratu Boko. Jarak antara keduanya sekitar 400 meter, dan dipisahkan oleh Jalan Prambanan-Piyungan dan

Luas keseluruhan Situs Watu Gudig adalah 978 meter persegi. Ukuran rata-rata dari diameter umpak yang ditemukan adalah 60 cm. Masing-masing umpak memiliki tonjolan di bagian tengah atasnya. Tonjolan ini berfungsi untuk mengunci batang tiang di atasnya. Diameter tonjolan umpak sebagai kunci tiang berukuran 6 cm. Tinggi tonjolan dari permukaan umpak adalah 5 cm. Sementara tebal atau tinggi umpak sekitar 47-50 cm.

Mengingat hasil temuan umpak atau alas tiang yang mencapai jumlah 44 buah atau lebih dan dengan ukuran yang relatif besar, maka bangunan yang pernah didirikan di lokasi ini tampaknya memang sangat besar. Atau mungkin juga bangunan yang didirikan mencapai jumlah lebih dari satu buah.

Source Situs Watu Gudig Sleman Jawa Tengah
Comments
Loading...