situsbudaya.id

Situs Watu Gajah Kabupaten Tuban

0 28

Situs Watu Gajah

Konon salah seorang dari putera mahkota Kerajaan Majapahit, putera Prabu Hayam Wuruk (Brawijaya IV), bernama Pangeran Sudimoro (yang sekarang dikenal dengan Pangeran Pengulu/Syekh Hasyim Alamuddin/Sunan Bejagung Kidul) pergi dari kerajaan karena ia tidak mau menjadi putera mahkota.

Ia senang menuntut Ilmu. Ia pergi ke Tuban mencari guru Ilmu Syari’at, Thoriqot, Haqiqot, dan Ma’rifat. Setelah sampai di Tuban, ia bertemu dengan Kanjeng Sunan Bejagung.Kemudian Pangeran Sudimoro mengaji kepada beliau.Sampai menjadi orang alim, yang pada akhirnya diambil menantu oleh Kanjeng Sunan dan ditetapkan menjadi kiai di Kasunanan Bejagung; sementara Sunan Bejagung uzlah di sebelah utara Kasunanan, suatu ladang yang penuh dengan tanaman petani.

Pada saat Pangeran Sudimoro masih mengaji di Kasunanan Bejagung Sang Pabu Hayam Wuruk berusaha mencarinya. Setelah mengetahui bahwa anaknya mengaji di padepokan Sunan Bejagung Tuban, maka Sang Prabu memerintahkan patihnya bernama Gajah Mada yang memiliki ilmu kadigjayan sangat tiriggi dan terkenal dengan ilmu Barat Ketigo, untuk mengajak sang putera mahkota (Pangeran Sudimoro) pulang ke Majapahit.

Berita tersebut didengar oleh Pangeran Sudimoro; ia menghadap kepada Sunan Bejagung.mohon agar beliau membantunya untuk menolak kehendak Sang Pabu Hayamwuruk. Sebab Pangeran Sudimoro ingin tetap menekuni ilmu agama Islam saja, tidak ingin menjadi raja.

Kehendak Pangeran Sudimoro tersebut dikabulkan oleh Sunan Bejagung, selanjutnya Sunan Bejagung menggaret tanah sekitar Padepokan Kasunanan Bejagung yang sampai sekarang dikenal dengan “Siti Garet” agar tentara Majapahit tidak bisa masuk Kasunanan. Ternyata setelah tentara Mahapahit akan masuk Kasunanan tidak bisa, akhirnya berhenti di arah selatan Kasunanan. Salah seorang santri melapor kepada Kanjeng Sunan bahwa di sebelah selatan Kasunanan banyak pasukan gajah dari Majapahit. Kanjeng Sunan mengatakan, “Tidak gajah, tetapi batu”.Seketika itu semua gajah menjadi batu, yang sampai sekarang dikenal dengan nama Watu Gajah.

Source https://jawatimuran.wordpress.com/ https://jawatimuran.wordpress.com/2013/05/17/situs-watu-gajah-kabupaten-tuban/
Comments
Loading...