Situs Umpak Songo Blambangan Banyuwangi

0 347

Situs Umpak Songo Blambangan

Situs umpak songo terletak di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur . Situs ini merupakan salah satu situ peninggalan Kerajaan Blambangan yang berkuasa di era tahun 1403 – 1433 M. Situs ini juga menyerupai punden berundak yang diatasnya terletak beberapa batu besar dan tertata rapi menyerupai bentuk persegi. Sangat di sayangkan, pada situs ini bangunannya makin terabaikan, khususnya pada generasi muda sekarang. Dapat di ketahui bahwa situs umpak songo ini di temukan oleh Mbah Nadi Gede yaitu seorang pendatangan asal Bantul DIY sekitar pada tahun 1916. Saat itu saat beliau masih muda ia merambas hutan di sekitar desa Tambakrejo untuk membuat lahan pertanian, namun dia juga menemukan beberapa batu besar seperti bekas umpak sebuah bangunan dan juga di temukan pula berkas tembok setebal 1 meter yang panjangnya berkilometer.

Umpak songo pertama di temukan kondisinya sudah tertimbun tanah di hutan belantara. Saat di gali ternyata mirip bentuknya mirip seperti sebuah candi. Dapat di yakini juga bahwa situs Umpak Songo ini dulunya adalah balai pertemuan bagi raja Blambangan bersama bawahannya. Pada tahun 1938, seorang rasa dari solo yaitu Mangkubumi IX mengunjungi temoat situs ini berada. Lalu kemudian tempat ini di beri nama Umpak Songo. Mangkubumi juga menceritakan atau mengisahkan laksi ini adalah bekas peninggalan kerajaan Blambangan dengan raja Minak Jinggo.

Sedangkan nama dari Umpak Songo ini di namai oleh pangeran Mangkubumi IX waktu berkunjung di situs ini pada tahun 1928. Di beri nama demikian karena pada bekas bangunan di temukan ada 13 batu umpak dan yang 9 berlubang, kemudian yang 4 tidak jadi umpak. Songo adalah merupakan dari bahasa jawa yang artinya sembilan. Menurut kuncen Mbah Soiman, tanah tempat situs Umpak Songo masih menjadi milik keluarga.

Source Situs Umpak Songo Blambangan Koran Fakta
Comments
Loading...