Situs Tugu Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Pekanbaru

0 28

Situs Tugu Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Pekanbaru

Di masa pendudukan tentara Dai Nippon juga dibangun sebuah tugu kemenangan berbentuk peluru dilengkapi dengan lapangan sebelah rumah Riau Syu Cokan (di halaman belakang rumah dinas Walikota Pekanbaru), yang dikenal dengan nama “Tugu Peringatan Jepang“.

Tugu yang dibangun pada tahun 1942 ini, awalnya terbuat dari kayu di lapangan terbuka dengan tulisan Kanji yang dibangun sebagai lambang kekuatan dan kegigihan para prajurit Jepang yang gugur dalam pertemputan melawan kekuatan sekutu sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada Tentara Jepang yang gugur dalam Perang Dunia II.

Pada tanggal 21 Juni 1948, Presiden Soekarno pernah menyempatkan diri berziarah dan meletakkan karangan bunga di Tugu Peringatan Jepang ini saat berada di Pekanbaru dalam rangka kunjungannya ke Sumatera.

Tugu tersebut kemudian dibangun dengan bahan batu setinggi hampir 10 meter yang lazim juga disebut Tugu Peringatan Pekanbaru. Letkol Hasan Basri selaku Koordinator Badan Keamanan Rakyat (BKR) Riau, mengganti namanya menjadi Tugu Peringatan Kemerdekaan Indonesla dengan inskripsi di tiang tugu bertuliskan ’17 AGUSTUS 1945′.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...